Otomotif / autoseleb
RR Ukirsari Manggalani
Ekspresi Bubba Wallace dari tim 23XI saat memenangi NASCAR Cup Series 2021 [nascar.com].

Suara.com - NASCAR atau National Association for Stock Car Auto Racing, adalah balap mobil sirkuit oval khas yang sangat digemari masyarakat Amerika Serikat. Tahun ini, ada prestasi khusus hadir dari sana. Yaitu kemenangan Bubba Wallace.

Setelah 53 tahun jeda tanpa driver kulit hitam menyandang gelar juara NASCAR, Bubba Wallace mencatatkan sejarah sebagai peraih podium teratas NASCAR Cup Series 2021.

Merayakan kemenangan Bubba Wallace, Twitter NASCAR terverifikasi ikut memberikan selamat kepada sang pembalap mobil karena berhasil mengukir sejarah.

Selebrasi kemenangan Bubba Wallace dari tim 23XI saat menang di Talladega, Amerika Serikat [nascar.com].

"@BubbaWallace menjadi driver kulit hitam pertama yang memenangkan balapan Seri Piala NASCAR sejak #NASCARHOF yang dicapai Wendell Scott di 1963," demikian tulis akun Twitter @NASCAR, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Berguna Bagi Mitra Driver dan Konsumen GoTo, PeduliLindungi Sudah Terintegrasi

Bubba Wallace dinyatakan menang setelah penantian panjang menunggu arena balapan kering setelah dilanda hujan. Akhirnya, laga dinyatakan resmi selesai setelah menempuh 118 lap dari total 188.

Tampil sebagai juara di seri YellaWood 500 di Talladega, kemenangan ini menjadi karir pertama Bubba Wallace dalam ajang seri NASCAR, bersama tim 23XI Racing milik Michael Jordan.

Tim 23XI sendiri punya keseruan, karena didukung Michael Jordan yang namanya tidak asing lagi di pentas liga basketball Amerika Serikat. Nomor punggung jersey pebasket ini pula yang diabadikan sebagai nama tim, yaitu 23.

Walaupun bukan benar-benar warga kulit hitam pertama yang memenangkan NASCAR Cup Series, Bubba Wallace menjadi driver pertama kulit hitam yang meraih kemenangan di kejuaraan NASCAR setelah jeda setengah abad lebih.

"Saya tidak pernah memikirkan hal itu (menjadi warga masyarakat kulit hitam pertama peraih gelar juara NASCAR). Secara emosional lebih pada kebahagiaan buat dibagikan kepada keluarga, penggemar dan teman-teman," ucap Bubba Wallace, melansir dari NASCAR.

Baca Juga: Rolls-Royce Boat Tail Tampil Perdana di Pameran Otomotif Tepian Danau Como Italia

"Yang penting menjadi orang itu harus tetap jujur pada diri sendiri, tidak omong kosong (mempengaruhi), tetap kuat, tetap rendah hati dan tetap ambisius," lanjutnya.

Dikutip dari People, sebelum Bubba Wallace ada nama Wendell Scott sebagai penyandang driver kulit hitam pertama yang meraih kemenangan NASCAR series pada 1963 di Jacksonville, Florida.

Pernyataan kemenangan untuk Wendell Scott sendiri tidak langsung diumumkan saat balapan. Namun setelah penilaian usai kejuaraan dirangkum.

Kathy Puteri Utomo

Komentar