Otomotif / motor
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tips rawat sepeda motor, termasuk perhatikan ban dan rantai serta gir sampai ban [Dok Yamaha, Thamrin Brothers].

Suara.com - Saat ini intensitas penggunaan sepeda motor cukup tinggi, dikarenakan masing-masing pengendara terbilang aktif dalam melakukan beragam kegiatan. Seperti rutinitas bekerja, bepergian baik jarak dekat atau jauh.

Untuk mendukung kelancaran aktivitas, dibutuhkan perawatan sepeda motor. Tujuannya agar tunggangan roda dua kesayangan dalam kondisi baik serta komponen-komponennya awet.

Hal itu juga dikarenakan pada jarak atau km tertentu terdapat komponen-komponen yang membutuhkan perawatan bahkan penggantian.

Ilustrasi merawat ban motor  [Shutterstock]

"Untuk itu, kami memberikan beberapa tips perawatan berkala yang perlu diperhatikan konsumen," ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, seperti diterima Suaradotcom.

Berikut tips perawatan berkala sepeda motor dari Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers :

Kondisi oli mesin

Untuk menjaga performa mesin lebih enak dan nyaman perlu adanya perawatan di mesin yaitu dengan pergantian oli. Untuk pergantian oli direkomendasikan 2.000 km – 3.000 km atau dua bulan sekali.

Pola kembang ban dan tekanan udara

Baca Juga: Potret Barang Bawaan Kurir di Atas Motor Jadi Sorotan, Publik Syok Melihatnya

Cek pola kembang ban apakah masih tebal atau sudah tipis. Jika ban sudah tipis akan sangat berbahaya, dan dikhawatirkan ban selip, berpotensi membuat pengendara jatuh atau menyebabkan kecelakaan.

Sedangkan tekanan udara juga wajib dicek karena jika tekanan udara berlebihan atau bahkan kekurangan udara maka akan dapat mengakibatkan dampak yang kurang baik seperti umur pakai ban menjadi berkurang, kenyamanan berkendara tidak maksimal bahkan dapat merusak ban.

Rantai dan gir apabila menggunakan transmisi manual

Untuk pengendara sepeda motor manual, bagian rantai dan gir adalah bagian terpenting karena berfungsi sebagai penggerak roda.

Oleh sebab itu lakukan perawatan seperti pembersihan, pelumasan dan pergantian berkala. Untuk rantai dan gir direkomendasikan pergantian setiap kelipatan 15.000 km.

Rem

Karena tingginya mobilitas pengendara dan sering terjadi kemacetan di jalan, perlu dijaga kondisi rem dan kampas rem.

Baca Juga: Tampil di Seoul Motor Show 2021, Mercedes-Benz Korea Laporkan Kenaikan Penjualan

Karena rem merupakan salah satu bagian terpenting, jika tidak merawat bagian ini maka risiko terjadinya kecelakaan cukup tinggi.

Indikasi perlunya perawatan rem yaitu pada saat cengkeraman rem sudah berkurang lalu pada saat melakukan pengereman timbul bunyi.

Lakukan perawatan atau penggantian komponen di bagian rem. Pada bagian kampas rem rekomendasi kami lakukan pergantian pada saat 12.000 km.

Lampu

Lampu sepeda motor wajib hidup dan hal ini juga telah masuk dalam UU lalu lintas.

Selain lampu utama, lampu lainnya juga sangat penting seperti lampu belakang agar pengendara lain mengetahui kita berhenti serta lampu sein yang dapat menginformasikan kita berbelok.

Oleh sebab itu pada saat servis wajib dicek bahkan diganti jika terdapat lampu yang sudah mati atau tidak berfungsi lagi.

Komentar