Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik di sebuah SPKLU PLN (ANTARA/HO-PLN)

Suara.com - Perusahaan listrik Negara (PLN) Persero UP3 Samarinda meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Gajahmada Samarinda, Rabu (27/1/2022). Dengan demikian, Kota Samarinda telah memiliki satu SPKLU.

Dikutip dari kantor berita Antara, General Manager PLN UIW Kaltimra Saleh Siswanto mengatakan bahwa Kota Samarinda menjadi kota kedua di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) yang telah memiliki sarana pengisian kendaraan berbasis listrik tersebut setelah Kota Balikpapan.

"Kami berharap dapat meningkatkan kenyamanan pemilik kendaraan listrik dalam mengisi ulang daya baterai karena SPKLU bekerja dengan sistem fast charging , pelanggan dapat mengisi daya kendaraan dengan waktu relatif lebih cepat," jelas Saleh Siswanto di Samarinda, Rabu (26/1/2022).

Kota Samarinda telah memiliki Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU) setelah diresmikan Perusahaan listrik Negara (PLN) Persero UP3 Samarinda di Jalan Gajahmada Samarinda, Rabu (26/1/2022). (ANTARA/Arumanto).

Menurutnya, PLN terus memberikan peran aktif dalam menyediakan sarana pendukung kendaraan SPKLU.

Baca Juga: Brand Super Mewah Bentley Siapkan Mobil Listrik Perdana untuk 2025

"Kami berencana menambah titik SPKLU di Kaltimra pada tahun ini. Membuat ekosistem penggunaan kendaraan listrik lebih masif. Kami berupaya mengenalkan ke masyarakat bahwa era kendaraan listrik sudah dimulai," tandasnya.

Saleh Siswanto mengatakan PLN terus menggencarkan "electrifying lifestyle", program mengkampanyekan gaya hidup dengan memanfaatkan energi listrik seluas-luasnya. Antara lain penggunaan motor listrik, kompor listrik dan yang lainnya karena ini merupakan langkah yang ditempuh untuk mendorong gerakan "zero emission" di Indonesia.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menyampaikan di masa mendatang dipastikan mobil listrik menjadi alat transportasi. Perannya menggantikan alat transportasi yang ada saat ini dan pasti akan masif.

"Oleh sebab itu saya menyambut baik apresiasi dan turut merasa bangga di Samarinda sudah SPKLU untuk mobil listrik. Semoga ke depan perkembangannya makin besar dan kita pada akhirnya memiliki kualitas udara yang baik," tukas Andi Harun.

Andi Harun menegaskan, secara bertahap akan memulai juga dari Pemkot Samarinda agar bisa memberi contoh kepada masyarakat mengenai penggunaan motor dan mobil listrik ini.

Baca Juga: Stephan Winkelmann Beri Sinyal Lamborghini Akan Luncurkan Mobil Listrik Pertama di Tahun Ini

Andi Harun juga mengikuti konvoi menggunakan kendaraan bertenaga listrik memutari beberapa ruas jalan Kota Samarinda.

Komentar