Press Release / pressrelease
Ferry Noviandi
Muhammad Rofiq Akbar bersama Krupuk Tuiri. [Instagram]

Suara.com - Krupuk Tuiri dari Bengkulu saat ini menjadi cemilan favorit di kota asalnya. Menariknya, kerupuk ini berbahan dasar dari tulang ikan tenggiri.

Karena rasanya yang enak dan memiliki gizi tinggi karena bahan dasarnya tulang ikan tenggiri, Krupuk Tuiri kini telah dipasarkan hampir di seluruh kota di Indonesia.

Krupuk Tuiri adalah hasil dari ide kreatif seorang pemuda bernama Muhammad Rofiq Akbar. Awalnya, Rofiq melihat banyaknya limbah tulang ikan tenggiri yang dekat dari rumahnya. Dalam satu bulan, kurang lebih satu ton tulang ikan tenggiri dibuang dan tidak dimanfatkan di kota Bengkulu.

Muhammad Rofiq Akbar bersama Krupuk Tuiri. [Instagram]

Rofiq pun kemudian mencari ide bagaimana agar limbah tulang ikan tenggiri itu bisa dimanfaatkan. Bersama dua temannya, Rofiq kemudian mempunya ide membuat kerupuk dari tulang ikan tenggiri.

Baca Juga: Waduh! Disangka Wafer, Warganet Kaget Pas Buka Kemasan Makanan Ini

Mereka mulai melakukan eksperimen hingga puluhan kali, sebelum akhirnya mendapat hasil sesuai yang mereka ingikan. Beberapa kali melewati kegagalan, akhirnya terciptalah olahan kerupuk yang mereka namakan Krupuk Tuiri.

Krupuk Tuiri sendiri merupakan singkatan dari Krupuk Tulang Ikan Tenggiri. Kadang sering juga disebut dengan Krupuk Kalsium Tulang Ikan Tenggiri.

"Di dalam tulang ikan tenggiri terdapat banyak gizi dan kegunaan untuk tubuh, seperti vitamin D, zat besi, kalsium dan sebagainya," kata Muhammad Rofiq Akbar kepada wartawan.

Rofiq dan kawan-kawan berhasil membuat kerupuk yang enak dari tulang ikan tenggiri. Tapi, bukan berarti mereka bisa begitu saja menjual Kerupuk Tuiri ke konsumen.

Kali ini, mereka menghadapi tantangan bagaimana mengemas dan memasarkan Krupuk Tuiri ini. Dengan semangat dan pantang menyerah, Rofiq dan kawan-kawan pun akhirnya menemukan desain kemasan yang keren.

Muhammad Rofiq Akbar dan rekannya juga sering mengikuti berbagai ajang kompetisi bisnis dengan membawa produk Krupuk Tuiri. Bersaing dengan ratusan proposal dan puluhan Perguruan Tinggi tidak membuat mereka gentar. Hingga di tahun 2019, akhirnya mereka bisa memenangkan kompetisi yang diadakan oleh Wapres Jusuf Kalla. Kerupuk Tuiri pun makin dikenal.

Baca Juga: Viral Bocah Belia Gantikan Ayah Cari Nafkah, Jualan Kerupuk Demi Keluarga

Krupuk tuiri mempunyai banyak varian rasa seperti Original, Balado Jeruk, Spicy BBQ, Jagung Bakar Pedas manis, dan Cheese Corn yang dapat menarik peminat yang memiliki ragam selera.

Komentar