Sport / arena
Fabiola Febrinastri
Menpora, Zainudin Amali. (Dok : Kemenpora)

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, optimistis, FIBA Asia Cup 2021 bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Indonesia sudah berpengalaman menggelar event olahraga berskala internasional.

“Saya baru saja menerima laporan dari panitia FIBA Asia Cup 2021 dan Perbasi, baik dari penyelenggaraannya maupun persiapan timnas,” katanya, usai rapat dengan panitia pelaksana FIBA Asia Cup 2021 dan Perbasi di Kemenpora, Jakarta, Jumat (23/4/2021).

Pelaksanaan kejuaraan basket tingkat Asia hingga persiapan tim nasional dibahas dalam pertemuan ini.

FIBA Asia Cup 2021 sendiri akan bergulir pada Agustus mendatang di Istora, Senayan, Jakarta. 

Baca Juga: Jokowi Terbitkan Keppres, Kemenpora Tindak Lanjuti Bidding Olimpiade 2032

“Memang kita dari awal inginnya sukses sebagai penyelenggara dan prestasinya juga bagus. Kita tahu, FIBA Asia ini adalah rangkaian, penyelenggaran FIBA Asia itu akan memberikan dampak yang baik kepada kita, untuk kita bisa berbicara di FIBA World Cup 2023 nanti,” ujar Menpora.

Ia mengapresiasi upaya yang dilakukan panitia pelaksana, yang sejauh ini sudah bekerja secara maksimal dalam menyiapkan kejuaraan basket. Apresiasi juga diberikan kepada Perbasi, yang terus menyiapkan tim nasional agar bisa tampil baik.

“Terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana dan Perbasi. Mudah-mudahan FIBA Asia Cup 2021 ini berjalan lancar, kita tahu pelaksanaannya sudah dekat ya,” jelas Menpora Amali.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2021, Junas Miradiarsyah memaparkan, pihaknya akan memfokuskan penyelenggaraan dengan menerapkan protokol kesehatan yang aman, sehingga dunia bisa memandang bahwa Indonesia siap menyelenggarakan kejuaraan internasional.

“Salah satu yang menjadi faktor penting dari penyelenggaraan ini adalah bukan sekadar kompetisinya saja. Kita sadar bahwa menyelenggarakan kegiatan olahraga dimasa pandemi bukan suatu hal yang mudah,” terang Junas.

Baca Juga: Kemenpora Harap, KKL 2021 Pemuda Katolik Mampu Hasilkan Pemuda Berkarakter

"Misi kami adalah mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dan Indonesia dapat dilihat oleh dunia menjadi negara yang siap menjalankan protokol kesehatan dan kegiatan lainya,” sambungnya.

Komentar