Sport / arena
Rully Fauzi
Sprinter putri Indonesia, Alvin Tehupeiory (tengah) tampil di Olimpiade Tokyo, Jumat (30/7/2021). [Giuseppe CACACE / AFP]

Suara.com - Cabang olahraga atletik Olimpiade Tokyo dimulai hari ini, Jumat (30/7/2021) di Olympic Stadium, Jepang, dengan sprinter Alvin Tehupeiory mewakili Indonesia di nomor 100 meter putri.

Meski belum dapat masuk ke semifinal, sprinter asal Maluku itu berhasil melaju ke babak utama setelah menempati peringkat ketiga dalam persaingan heat 3 pada babak kualifikasi.

Alvin, yang melesat dengan catatan waktu 11,89 detik, berada di belakang Joella Lloyd wakil Antigua dan Barbuda yang finis di urutan pertama dengan 11.55 detik dan sprinter asal Malawi Asimenye Simwaka di posisi kedua dengan 11,76 detik.

Melaju ke babak pertama, Alvin finis di urutan terakhir atau kedelapan dengan catatan waktu 11,92 detik, tidak lebih baik dari babak kualifikasi. Sehingga, Alvin tidak dapat melaju ke semifinal.

Baca Juga: Rekap Peraih Medali Olimpiade Tokyo, Jumat 30 Juli

Kompatriot Alvin, yakni sprinter Lalu Muhammad Zohri akan turun pada nomor 100 meter putra. Zohri menjadi perhatian publik pada 2018 saat tampil mengejutkan dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 di Tampere, Finlandia, 11 Juli 2018.

Dia mengukir sejarah menjadi sprinter pertama Indonesia yang meraih medali emas pada nomor lari 100 meter, yang merupakan nomor paling bergengsi di cabang atletik.

Zohri dijadwalkan bertanding Sabtu (31/7/2021) besok.

Sementara itu, dari cabang olahraga bulutangkis, perjuangan The Daddies -- sebutan untuk pasangan Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan -- untuk meraih medali emas terhenti setelah kalah melawan Lee Yang / Wang Chi-Lin dari Taiwan di babak semifinal.

Hal itu juga membuat peluang Indonesia meraih medali emas di sektor ganda putra pupus setelah pasangan peringkat pertama Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo gugur pada hari sebelumnya.

Baca Juga: Akhirnya Jalani Operasi Bahu, Marcus Rashford Absen Bela MU Tiga Bulan

Hendra / Ahsan mengungkapkan alasan kekalahan mereka pada babak semifinal, yaitu akibat tak bisa keluar dari tekanan dan serangan rapat yang dimainkan pasangan Taiwan Lee Yang / Wang Chi-Lin.

Komentar