Sport / arena
Arief Apriadi
Tim bola basket putra Jawa Timur (seragam putih) menghadapi Bali pada laga terakhir Pool B PON XX Papua di Mimika Sport Complex, Mimika, Rabu (6/10/2021). Pada pertandingan itu, Jawa Timur menang dengan skor 44-42 dan berhak melaju ke semifinal PON XX Papua. ANTARA/Michael Siahaan

Suara.com - Kompetisi cabang olahraga (cabor) bola basket putra dan putri Pekan Olahraga Nasional alias PON XX Papua 2021 akan memasuki babak semifinal pada Kamis (7/10/2021) mulai pukul 09.00 WIT di Mimika Sport Complex, Mimika.

Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Bali menjadi peserta empat besar sektor putri.

Sementara pada putra ada DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Jawa Tengah.

Jika dicermati, semua tim yang bersaing pada semifinal adalah mereka yang berjuang dari babak Pra-PON.

Baca Juga: Lalu Muhammad Zohri Targetkan Dulang Dua Emas Tambahan di PON Papua

Skuad yang mendapatkan keistimewaan untuk langsung berangkat ke PON XX Papua adalah para peraih medali emas PON 2016, Jawa Barat (putra) dan Jawa Tengah (putri) serta tuan rumah Papua justru tak ada dalam daftar.

Mereka kalah pada penyisihan grup. Tim putri Jawa Tengah yang juga juara PON 2012, bahkan tak bisa mendapatkan satu pun kemenangan dalam pool.

Meski demikian, hal itu tidak berarti semifinal PON XX Papua bakal hambar tanpa pertandingan ketat. Justru sebaliknya, persaingan jadi sulit ditebak dan PON Papua berpotensi melahirkan juara baru.

Tim-tim seperti DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan semua kompetisi bola basket lokalnya mungkin saja disebut unggulan, tetapi kehadiran Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Bali sebagai kuda hitam tak bisa dianggap remeh.

Putri

Baca Juga: Rekap Hasil Bulutangkis PON Papua, Rabu 6 Oktober

1. Jawa Timur vs DKI Jakarta

Komentar