Sport / arena
Arief Apriadi
Timnas basket Indonesia berlatih jelang menghadapi Lebanon dalam matchday pertama Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023 di Lebanon. [Perbasi]

Suara.com - Timnas basket Indonesia akan memulai perjuangan di Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Mereka bakal memainkan laga pertama Grup C pada Sabtu (27/11/2021) pukul 02.00 WIB.

Di Kualifikasi FIBA World Cup 2021, timnas basket Indonesia tergabung di Grup C bersama Lebanon, Jordania, dan Arab Saudi. Nama pertama akan menjadi ujian perdana Skuad Garuda di Zouk Mikael Arena, Lebanon.

Menatap pertandingan ini, asisten pelatih timnas basket Indonesia, Wahyu Widayat Jati menegaskan bahwa para pemain sudah siap bertempur.

Para pemain penuh semangat, setelah melakukan aklimatisasi alias adaptasi dengan cuaca di Lebanon sejak tiba dari Amerika Serikat pada 24 November 2021.

Baca Juga: Dihantam Yordania, Indonesia Batal Kunci Semifinal FIBA Asia Putri

"Cuaca di sini (Lebanon, red) seperti di Malang (Jawa Timur). Kalau pagi dan malam dingin. Siang-siang lumayan hangat. So far, gak ada masalah dengan cuaca," ungkap Wahyu Widayat Jati dalam keterangan tertulis.

Timnas basket Indonesia berlatih jelang menghadapi Lebanon dalam matchday pertama Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023 di Lebanon. [Perbasi]

Pelatih yang akrab disapa Cacing ini menjelaskan bahwa timnas basket Indonesia sangat mewaspadai Lebanon yang menurutnya memiliki kualitas pemain yang sangat baik.

Lebanon diperkuat oleh dua bigman dan point guard yang punya size dan memiliki skill yang mumpuni.

Di posisi point guard ada Ali Mansour dan Jad Khalil. Kemudian ada center Ater Majok yang memiliki tinggi 2,1 meter. Itu belum Mohamed Ali Haidar yang juga memiliki tinggi lebih dari 2 meter.

"Kelebihan mereka itu akan menjadi perhatian lebih dari kami. Namun kami sudah tahu bagaimana menghadapi mereka. Kami harus bisa memanfaatkan kecepatan dan memaksimal akurasi tembakan," terang Cacing.

Baca Juga: Timnas Basket Indonesia Gelar Empat Pertandingan Uji Coba di AS

Diakui Cacing, selama training camp di Las Vegas, Amerika Serikat, materi latihan memang khusus untuk menghadapi Lebanon. Selama persiapan, penggawa Timnas dituntut untuk bisa mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik.

Komentar