Samsung Galaxy S10. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

Suara.com - Telepon-telepon seluler (ponsel) Samsung rupanya menjadi pengguna internet paling banyak di Indonesia, demikian salah satu temuan menarik dalam survei pengguna internet yang digelar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Dalam survei yang diumumkan di Jakarta, Rabu (15/5/2019) APJII mengatakan soal konsumsi internet, ponsel-ponsel Samsung berada di urutan teratas (37,7 persen), disusul Oppo (18,0 persen) dan Sementara Xiaomi (17,7 persen).

Dari urutan keempat hingga ketujuh, masing-masing ditempati Vivo (7,5 persen), Asus (3,2 persen), iPhone (3,1 persen), dan Lenovo (2,4 persen). Cukup unik mengingat Lenovo sudah hengkang dari Nusantara.

Sementara Advan menjadi satu-satunya vendor lokal yang ada di daftar ini, yaitu di posisi kedelapan dengan pencapaian 1,5 persen.

Namun, APJII tidak merinci lebih lanjut mengenai seri ponsel yang digunakan untuk berselancar di dunia maya. Selama proses survei, APJII bekerjasama dengan lembaga survei Polling Indonesia.

Hasil survei APJII ini senada dengan beberapa hasil riset pasar di Indonesia yang menunjukkan bahwa Samsung terus mendominasi pasar ponsel di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Riset IDC pada tahun lalu misalnya menunjukkan bahwa Samsung menguasai 28 persen pasar ponsel pintar Indonesia pada triwulan ketiga.

Samsung bersama Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Advan menjadi penguasa pasar ponsel Indonesia di periode tersebut.