Tekno / internet
Rifan Aditya
Cara menonaktifkan WA - Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash)

Suara.com - WhatsApp (WA) hingga kini menjadi salah satu aplikasi berkomunikasi yang paling banyak dan populer di masyarakat. Tapi mungkin kalian sering merasa terganggu karena notifikasi WA. Maka dari itu setidaknya kalian perlu tahu cara menonaktifkan WA.

Selain karena kemudahan berkomunikasi, WA juga menawarkan berbagai fitur menarik lainnya seperti membagikan foto, video, video call, hingga dokumen. Tapi karena terlalu banyak grup WA kadang pesan yang masuk cukup mengganggu. Solusinya adalah dengan cara menonaktifkan WA tanpa mematikan paket data.

Jika selama ini kamu mengira bahwa menonaktifkan WA hanya bisa dilakukan dengan mematikan ponsel atau paket data, maka kamu harus mengetahui cara menonaktifkan WA tanpa mematikan paket data berikut ini. Yuk, simak penjelasannya!

Setop aplikasi WA

Baca Juga: Ini Cara Membagikan Lokasi di WhatsApp, Lebih Cepat dan Mudah

Cara pertama untuk bisa menonaktifkan WA sementara tanpa harus mematikan paket data ialah dengan menyetop aplikasi atau mengehentikan paksa aplikasi (force stop) WA yang ada pada perangkat. Berikut caranya:

  1. Masuk ke menu 'Setting'
  2. Klik 'Aplikasi'
  3. Klik 'Aplikasi WhatsApp'
  4. Klik opsi 'Force Stop'

Nah, kini aplikasi WA sudah mati sementara, seseorang yang mengirimkan pesan kepadamu hanya akan mendapat info centang satu yang artinya pesan belum terkirim.

Cara menonaktifkan WA ini tidak akan mempengaruhi aktivitas internet pada aplikasi lainnya. Kamu bisa mengaktifkan WA-mu lagi saat membuka aplikasi WA.

Sembunyikan Chat WA

Cara berikutnya adalah dengan menyembunyikan chat tanpa memblokir kontak atau archive chat. Fitur arsip  obrolan ini memudahkanmu untuk tidak melihat chat dari orang lain tanpa harus mematikan paket data.

Baca Juga: Cara Buat Link WhatsApp (WA) Gunakan Bit.ly

Selain itu, chat terbaru dari kontak yang disembunyikan juga tidak akan muncul di beranda. Untuk membaca chat, kamu harus mengklik 'archive' atau 'arsip' yang terletak di atas chat. Berikut langkah-langkahnya:

Komentar