Bisnis / keuangan
M Nurhadi
Ilustrasi logo Porsche. (Shutterstock)

Suara.com - Produsen mobil Porsche dan Michelin menyatakan komitmen mereka pada ekstraksi keberlanjutan karet alam agar terus mendapatkan hasil yang terbaik sekaligus mendukung para petani karet Indonesia.

Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG, Barbara Frenkel mengatakan, pihaknya melakukan pendekatan holistik yang keberlanjutan.

"Rantai pasokan kami dan ekstraksi bahan baku merupakan faktor penting di sini. Kami bertanggung jawab atas dampak terhadap daerah ekstraksi karet di Indonesia. Kami ingin meningkatkan kehidupan masyarakat melalui proyek-proyek yang dilakukan di wilayah tersebut," kata Barbara Frenkel.

"Petani kecil merupakan jantung dari rantai pasokan karet alam yang berkelanjutan. Itu sebabnya kami mendukung mereka untuk mencapai standar hidup yang layak sambil mengikuti praktik lingkungan dan sosial yang baik," sambungnya.

Baca Juga: Update Harga Komoditi Karet, Pinang Kering hingga Sagu Basah di Riau

Langkah ini bersamaan dengan transparansi dan kondisi kerja yang jauh lebih baik dalam hal ekstraksi bahan baku yang ditunjukkan oleh proyek Cascade.

"CASCADE adalah contoh komitmen Michelin terhadap rantai pasokan karet alam berkelanjutan yang melindungi lingkungan dan meningkatkan mata pencaharian. Kami senang bisa bekerja sama dengan Porsche dalam proyek ambisius ini. Selama hampir 20 tahun, kami menikmati kemitraan yang erat dalam bisnis ban, yang kini juga kami kembangkan ke bidang keberlanjutan," kata Senior Vice President, Chief Procurement Officer di Michelin, Hélène Paul.

Dua perusahaan itu berjanji akan mendukung petani perkebunan kecil di Sumatra di Indonesia, dalam mengekstraksi karet.

Pendidikan dan pelatihan tentang praktik budidaya, keanekaragaman hayati dan keselamatan kerja yang diberikan juga semuanya bertujuan untuk mencapai perbaikan jangka panjang dalam kondisi kehidupan dan situasi ekonomi petani kecil.

Untuk mempercanggih, Porsche dan Michelin mengidentifikasi risiko terhadap keberlanjutan rantai pasokan dalam ekstraksi karet menggunakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk tujuan ini dan dengan melakukan diskusi dengan pelaku pasar di wilayah tersebut.

Baca Juga: Lirik Kawasan Asia Tenggara, Porsche Bangun Pabrik Perakitan di Malaysia

Karet digunakan dalam banyak produk industri sebagai bahan baku. Sebagai produsen otomotif, Porsche juga berkontribusi terhadap konsumsi karet global melalui penggunaan karet pada ban serta berbagai suku cadang kendaraan.

Komentar