Bisnis / makro
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Luhut Binsar Pandjaitan. (Suara.com/M. Yasir)

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut perubahan iklim harus jadi perhatian serius semua pihak.

Bukan hanya pihak yang ada di Kementerian/lembaga saja, tetapi juga anak muda juga harus menaruh perhatian pada perubahan iklim.

Memang, lanjut Luhut, di zaman saat dirinya masih muda memang perubahan iklim ini tak terlalu penting. Namun, melihat dampak perubahan iklim mengerikan, maka Luhut meminta anak muda ikut peran serta.

"Harapan saya anak muda bisa berkarya menangani serius soal hal ini, dulu zaman saya tidak dianggap penting, sekarang tidak bisa diabaikan climate change ini, jadi masalah," ujar Luhut dalam webinar, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Luhut Happy Kasus Covid-19 Mulai Turun

Menurut Mantan Menkopolhukam ini, anak muda sekarang sangat mudah beradaptasi, sehingga bisa mengikuti gaya hidup yang rendah karbon.

Selain itu, tutur Luhut, pemuda yang memiliki karakter idealis, inovatif, dan terhubung di mana saja, bisa jadi kunci menangani perubahan iklim.

"Pemuda mudah beradaptasi dan cepat mengikuti gaya hidup rendah karbon dan pilihan karir sebagai bagian kehidupan sehari-hari mereka," ucap dia.

Oleh karena itu, Luhut memandang, anak muda bisa diberi kesempatan untuk terlibat memerangi perubahan iklim. Sebab, tambahnya, solusi perubahan iklim tidak hanya datang dalam ruang konferensi saja.

"Pemuda harus diberi kesempatan aktif dalam pengambilan titik kebijakan lokal, nasional, dan global. Penanganan perubahan iklim tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri, kerja sama dalam segala peran dan keterlibatan kementerian/lembaga, dunia usaha, masyarakat dan media asing terlibat dalam hal ini," pungkas Luhut.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Dukung Gernas BBI, Luhut: Bangga Buatan Indonesia

Komentar