Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Senin, 02 Desember 2019 | 20:42 WIB
Logo Shopee Liga 1 2019. (dok. PT LIB)

Suara.com - Tira-Persikabo lagi-lagi gagal mendapatkan kemenangan di pentas Liga 1 2019. Menjamu Barito Putera pada laga pekan ke-30 di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (2/12/2019) malam, Tira-Persikabo menyerah 0-1.

Dengan hasil minor teranyar ini, Tira-Persikabo yang baru-baru ini mendepak Rahmad Darmawan dari posisi pelatih kepala klub tersebut pun telah tanpa kemenangan dalam 15 laga pamungkas mereka!

Gol semata wayang Barito Putera ke gawang Tira-Persikabo sendiri dicetak oleh Fransisco Torres pada penghujung babak pertama, tepatnya pada menit ke-45+1.

Jalannya Pertandingan

Tira-Persikabo selaku tuan rumah langsung menekan pertahanan Barito Putera di awal-awal laga. Di sisi lain, tim asuhan Djadjang Nurdjaman dibuat kesulitan menembus pertahanan Tira-Persikabo. 

Namun demikian, belum ada peluang bersih yang didapat oleh Tira-Persikabo.

Ya, meski terus menekan, Laskar Padjajaran --julukan Tira-Persikabo-- belum bisa membobol gawang Barito Putera hingga menit ke-30. Peluang-peluang yang didapatkan selalu bisa dimentahkan oleh bek-bek Barito Putera.

Memasuki menit ke-40, Barito Putera masih belum bisa keluar dari tekanan. Aliran-aliran bola para pemain Barito Putera rata-rata hanya bisa sampai lapangan tengah.

Namun yang mengejutkan, Barito Putera justru berhasil mencuri gol terlebih dahulu jelang turun minum. Torres berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Skor 1-0 untuk keunggulan Barito Putera pun bertahan hingga babak pertama habis. 

Di awal babak kedua, Tira-Persikabo kembali tampil menekan untuk bisa menyamakan kedudukan. Permainan ofensif disajikan, namun lagi-lagi penyelesaian akhir tim tuan rumah masih buruk.

Memasuki menit ke-65, belum ada gol tercipta untuk kedua tim. Barito Putra masih unggul 1-0, meski Tira-Persikabo praktis jauh lebih unggul dalam hal penguasaan bola.

Barito Putera terus digempur oleh para penyerang Tira-Persikabo. Penjaga gawang Adhitya Harlan bisa dibilang bermain sangat baik, karena beberapa kali menggagalkan peluang berbahaya Tira-Persikabo.

10 menit jelang pertandingan selesai, Barito Putera mulai bisa keluar dari tekanan. Beberapa kali, Samsul Arif dan kawan-kawan bisa memanfaatkan serangan balik dengan cukup bagus untuk mengancam gawang Tira-Persikabo.

Sayang, peluang-peluang tersebut belum bisa dikonversi untuk menambah keunggulan Barito Putera.

Meski demikian, tim tamu berhasil menjaga keunggulan 1-0 mereka hingga peluit panjang dibunyikan wasit dan mengamankan raihan poin penuh dari lawatan ke Cibinong kali ini. 

Susunan Pemain

Tira-Persikabo (4-3-3): Angga Saputro; Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu, Rifad Marasabessy, Vava Mario Yagalo; Guntur Triaji, Parfait Eloumo, Roni Sugeng; Osas Saha (Sansan Fauzi 68'), Ciro Alves, Prisca Womsiwor (Muhammad Kasim Slamat 78').

Caretaker: Miftahudin

Barito Putera (4-4-2): Adhitya Harlan; Andri Ibo, Fransisco Casio (Donny Harold 19'), Dandi Maulana, Rony Esar; Bayu Pradana, Kozuke Yamazaki, Gavin Kwan Adsit (Yakob Sayuri 57'), Paulo Sitanggang (Ferdiyansyah 76'); Torres, Samsul Arif.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Read more...