Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Penyerang andalan Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland (kedua dari kanan) merayakan golnya ke gawang Schalke 04 pada laga Bundesliga 2019/2020 akhir pekan lalu. [Martin Meissner / POOL / AFP]

Suara.com - Terungkap bahwa wonderkid Norwegia, yakni bomber maut Erling Braut Haaland sempat ditawar Juventus pada bursa transfer Januari 2020 lalu.

Super agent Mino Raiola pun mengungkapkan alasan sang klien menolak tawaran bergabung dari klub raksasa Italia itu.

Sempat santer dikaitkan dengan Manchester United yang juga dilatih oleh orang Norwegia, Ole Gunnar Solskjaer, Erling Haaland akhirnya malah memutuskan gabung klub Bundesliga, Borussia Dortmund pada bursa transfer musim dingin lalu.

Sebuah keputusan yang terbilang mengejutkan, lantaran Haaland sebelumnya diyakini akan bergabung dengan klub top Eropa yang benar-benar berstatus 'elite' setelah meninggalkan klubnya, RB Salzburg, ataupun ke liga yang sangat kompetitif macam Premier League atau La Liga. 

Baca Juga: Juventus Siapkan Proposal Tukar Pemain demi Daratkan Pogba dari MU

Dan kini Raiola mengungkapkan jika Haaland sejatinya memiliki kesempatan untuk merumput di Liga Italia Serie A. Namun, penyerang 19 tahun itu menolak pinangan Juventus.

Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland. [AFP]

"Klien saya, Erling Haaland sebenarnya sangat diminati Juventus. Bahkan, Juve dua kali mencoba merekrutnya, saat dia masih bermain di Molde dan pada Januari lalu saat dia ingin meninggalkan Salzburg," beber Raiola kepada La Repubblica seperti dilansir Tribal Football.

"Kenapa dia tidak pergi ke Juventus? Karena Juventus berniat menaruhnya di tim U-23 mereka terlebih dahulu, alih-alih langsung bersaing di tim utama," sambung agen kenamaan bertubuh tambun itu.

"Ini jelas tidak tepat, karena kita semua tahu kualitas Haaland meski usianya masih sangat muda. Dia sudah sangat-sangat siap untuk sepakbola di level tertinggi. Kita bisa melihatnya saat ini," celotehnya. 

Haaland sendiri saat ini memiliki kontrak bersama Dortmund hingga musim panas 2024. Penyerang Timnas Norwegia jebolan akademi klub lokal, Bryne FK itu disebut-sebut memiliki klausul rilis bernilai 75 juta euro.

Baca Juga: Bayern dan Dortmund Perkasa, Berikut Hasil Lengkap Bundesliga dan Klasemen

Raksasa Spanyol, Real Madrid belakangan dikabarkan telah menjadikan Haaland sebagai target utama mereka pada bursa transfer mendatang.

Komentar