Rauhanda Riyantama
Sabtu, 18 Juli 2020 | 07:04 WIB
Andre Schurrle saat berseragam Borussia Dortmund. (PATRIK STOLLARZ / AFP)

Suara.com - Keputusan mengejutkan diambil oleh Andre Schurrle. Mantan pemain Chelsea dan Bayern Leverkusen itu memilih pensiun di usia yang masih cukup muda, yakni 29 tahun.

Schurrle mengumumkan gantung sepatu pada Jumat (17/7/2020) waktu setempat. Tidak diketahui apa penyebab pasti pemain yang membawa Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014 itu memutuskan meninggalkan dunia sepak bola.

Namun dalam unggahan terbaru di akun Instagram pribadinya, Schurrle menuliskan salam perpisahan. Ia turut berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung kariernya selama ini.

''Halo semua, saya ingin memberi tahu Anda bahwa saya akan pensiun dari bermain sepak bola profesional. Atas nama saya dan keluarga saya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang merupakan bagian dari tahun-tahun yang fenomenal ini,'' tulis Schurrle di akun Instagram pribadinya.

''Dukungan dan cinta yang Anda bagikan dengan saya sungguh luar biasa dan lebih banyak lagi yang bisa saya minta! Sekarang saya siap dan terbuka untuk semua kemungkinan indah yang mendatangi saya,'' tandasnya.

Sebelum pensiun, Schurrle sebenarnya masih menjadi pemain Borussia Dortmund. Namun dalam dua musim terakhir ia dipinjamkan ke Fulham dan klub Rusia, Spartak Moscow.

Selama kariernya, Schurrle pernah malang melintang di beberapa klub top Eropa, seperti Chelsea dan Bayer Leverkusen. Namun nama besarnya mulai memudar saat hengkang ke Borussia Dortmund.

Saat berseragam Chelsea, Schurrle sempat mempersembahkan gelar juara Liga Inggris musim 2014/2015. Selama di Stamford Bridge, ia tampil 65 kali di semua ajang dengan menorehkan 14 gol.

Prestasi puncak Schurrle diraih bersama Timnas Jerman saat meraih gelar juara Piala Dunia 2014. Ia tercatat tampil 57 kali bersama Tim Panser dengan sumbangan 22 gol dan terakhir tampil pada 2017.