Syaiful Rachman
Selasa, 11 Agustus 2020 | 01:33 WIB
Pemain Real Madrid asal Jepang Takefusa Kubo bermain di laga pramusim yang digelar di Amerika Serika, 27 Juli 2019. [AFP]

Suara.com - Pemain muda Jepang Takefusa Kubo dipinjam Villarreal untuk musim 2020/2021 dari Real Madrid, demikian diumumkan pihak klub melalui laman resminya pada Selasa (11/8/2020).

"Real Madrid dan Villarreal telah mencapai kesepakatan perihal peminjaman Takefusa Kubo untuk musim depan, dengan ikatan yang berlangsung sampai 30 Juni 2021," demikian bunyi pernyataan Villarreal.

Pemain sayap 19 tahun itu menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman di Real Mallorca yang terdegradasi dan mampu tampil impresif. Ia membukukan empat gol dan lima assist dari 35 penampilan di Liga Spanyol.

Salah satu penampilan terbaik Kubo adalah saat Mallorca menang 3-1 atas Villarreal pada November, ketika ia membuat timnya mendapat hadiah penalti sebelum kemudian mengukir gol melalui sepakan jarak jauh.

Takefusa Kubo menjalani masa peminjaman di Real Mallorca. (JAIME REINA / AFP)

Bergabung ke Villarreal, yang akan tampil di Liga Europa pada musim depan serta di bawah asuhan Unai Emery, akan menjadi langkah maju berikutnya bagi sang pemain muda.

Kubo yang telah tujuh kali membela timnas Jepang, akan diperkenalkan di markas Villarreal, Stadion La Ceramica, pada Selasa malam waktu setempat.

Villarreal melabelinya sebagai gelandang muda yang memiliki kontrol bola luar biasa, memiliki kemampuan yang menonjol untuk melewati pemain lawan, dan memiliki visi permainan yang sangat bagus.

Kubo bergabung dengan akademi Barcelona, La Masia, pada usia sepuluh tahun, dan pernah meminta tanda tangan Lionel Messi selama empat tahun berada di klub Katalan tersebut.

Namun Barca dijatuhi skors larangan transfer selama dua tahun pada 2015 setelah melanggar peraturan FIFA terkait perekrutan pemain muda, dan Kubo menjadi satu dari beberapa pemain muda yang terpaksa hengkang.

Ia kembali ke Jepang untuk bergabung dengan FC Tokyo, dan meski Barca berharap ia dapat kembali bergabung dengan mereka suatu hari kelak, Real bergerak cepat untuk merekrutnya dengan ikatan kontrak enam tahun pada tahun lalu.