Bola / bola-dunia
Arief Apriadi
Rekrutan anyar Borussia Dortmund, Donyell Malen. [Dok. BVB]

Suara.com - Donyell Malen tengah naik daun. Pemain milik Borussia Dortmund ini digadang-gadang menjadi the next Jadon Sancho.

Datang dari PSV Eindhoven, Donyell Malen memang punya atribut komplet. Bermain di posisi winger, membikin namanya seketika disandingkan dengan Sancho yang musim ini hijrah ke Manchester United.

Profil Donyell Malen

Malen lahir di Weiringen, Belanda, 19 Januari 1999. Ayahnya adalah keturunan Suriname dan ibunya adalah warga negara Belanda.

Baca Juga: Liga Champions: Gol Perdana Malen Bawa Dortmund Kalahkan Sporting 1-0

Pada 2007 atau saat usianya menginjak 8 tahun, Malen masuk skuat junior Ajax Amsterdam. Dari sana ia menimba ilmu sepak bola.

Selama 7 tahun di sana, Malen sudah menjalani pelgabagai kompetisi dan turnemen. Hanya, untuk menembus skuat utama, dia kerap ditepikan.

Alhasil, pada 2015 saat usianya 16 tahun, Malen pindah ke Arsenal. Dia berharap mendapat menit bermain di Emirates Stadium.

Sayangnya, selama 2 musim di tim junior Arsenal, Malen gagal memikat hati para juru latih senior. Malen hanya bermain di Arsenal U-19 dan U-23 dengan catatan 116 laga, 79 gol, dan 24 assist.

Akhirnya, pada 2017, Malen pulang ke Belanda. Dirinya bukan pulang ke Ajax melainkan ke PSV Eindhoven.

Baca Juga: Deretan Striker Top yang Belum Cetak Gol di Premier League Musim Ini

Di PSV, Malen bersinar. Malen berkontribusi terhadap 79 gol yang terjadi dengan rincian 55 gol dan 24 assist dari total 116 penampilan.

Komentar