Bola / bola-indonesia
Rully Fauzi
Pesepakbola Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai memasukkan bola ke gawang Taiwan pada leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021). [ANTARA FOTO/HO/Humas PSSI]

Suara.com - Egy Maulana Vikri akhirnya berhasil menciptakan gol pertamanya bersama Timnas Senior Indonesia saat berhadapan dengan Taiwan di leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021). Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia menang dengan skor 3-0.

Egy Maulana mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-27. Sementara gol Indonesia lainnya dibukukan Ricky Kambuaya (54') dan Witan Sulaeman (90+3').

Sebelumnya skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- juga meraih kemenangan, yakni 2-1 di leg pertama, Kamis (7/10/2021). Total Indonesia unggul agregat 5-1 atas Taiwan dan berhak melaju ke babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Gol yang dibuat Egy sendiri tentu sangat berkesan karena merupakan gol pertamanya bersama timnas senior. Meski demikian, gelandang serang FK Senica berusia 21 tahun itu coba merendah.

Baca Juga: Timnas Indonesia Mengamuk, Bantai Taiwan Tiga Gol Tanpa Balas

Ia menyebut golnya semalam itu adalah gol yang lahir dari buah dari kerja sama tim.

"Terkait gol, saya tidak terlalu masalah siapa yang mencetak. Yang penting adalah tim meraih kemenangan," kata Egy.

"Karena kemenangan merupakan kerja keras satu tim bukan individu pemain," imbuh sang pemain.

Adapun untuk babak kualifikasi Piala Asia 2023 akan digelar pada 2022. Ajang tersebut akan diikuti 24 tim yang dibagi ke dalam enam grup. 

Setiap grup diisi empat tim dengan rencana format kandang dan tandang. Juara grup dan lima runner-up terbaik akan mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di China.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri Cetak Gol, Indonesia Ungguli Taiwan di Babak Pertama

Sebelumnya, Timnas Indonesia sendiri akan mengikuti Piala AFF 2020 di Singapura pada Desember mendatang. Di kejuaraan tersebut, timnas senior asuhan pelatih Shin Tae-yong berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pecinta dan pendukung Timnas Indonesia yang telah memberikan doa dan dukungan kepada kami," ucap Egy. 

"Nantinya kami ingin melangkah lebih jauh, alias tidak hanya bermain di kualifikasi, namun lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendatang," pungkas eks pemain Lechia Gdansk itu.

baca juga

Komentar