Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sedang memberikan materi latihan kepada anak asuhannya (dok. PSSI).

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memanggil 29 nama untuk berpartisipasi di pemusatan latihan untuk menyongsong laga Kualifikasi Piala Asia U-23 di Tajikistan.

Karena ini tim nasional kelompok umur di bawah 23 tahun, lazimnya umur para pemain berkisar di usia 20 hingga 23 tahun. Namun, Shin nyatanya mengikutsertakan sejumlah nama yang usianya di bawah 20 tahun.

Siapa saja mereka?

Striker Madura United, Ronaldo Kwateh. (HO/Maduraunitedfc.com)

Ronaldo Kwateh

Baca Juga: Timnas Indonesia Cuma Lawan Australia di Grup G, Shin Tae-yong: Situasi yang Tidak Ideal

Nama Ronaldo Kwateh jadi yang termuda dalam daftar pemanggilan. Bomber milik Madura United ini baru berusia 16 tahun.

Masuknya Ronaldo ke dalam skuat memang tak bisa dimungkiri karena menit bermainnya. Sejak Liga 1 bergulir musim ini, dirinya sudah mentas 6 kali meski masuk dari bangku cadangan.

Marselino Ferdinan

Pemain kedua termuda yang dipanggil oleh Shin adalah Marselino. Namanya melambung usai masuk ke tim utama Persebaya Surabaya musim ini.

Marselino masih berusia 17 tahun. Ia sempat tergabung di Timnas U-16 dan belum mencicipi Timnas U-19 tapi langsung ke Timnas U-23.

Baca Juga: 5 Pemain Liga 1 Jebolan PON, di Antaranya Kapten Timnas Indonesia Evan Dimas

Rabbani Tasnim

Nama Rabbani Tasnim mulai dikenal publik saat sering diturunkan oleh Borneo FC. Salah satu yang diingat adalah saat dia bermain di Piala Menpora 2021.

Dengan tinggi mencapai 180 sentimeter, bukan tak mungkin Rabbani mendapat tempat di skuat Garuda. Tapi, pemain 18 tahun ini harus berjuang keras karena saingan di lini depan juga menumpuk.

Subhan Fajri

Subhan Fajri datang dari Persiraja Banda Aceh. Usianya masih amat muda yakni 18 tahun.

Kendati demikian, Subhan sudah mendapat tempat di tim utama Laskar Lantak Laju musim ini. Sudah 4 kali ia turun di pos bek kiri.

Bek PSIS Semarang, Pratama Arhan Alif. [Dok PSIS Semarang]

Pratama Arhan

Arhan memang sudah tak asing lagi di mata publik. Saat Shin melatih skuat Garuda, namanya bahkan tak pernah absen dari pemanggilan.

Menariknya, pemain berusia 19 tahun itu mengisi tiga tim nasional kelompok umur. Mulai dari 19 tahun, 23 tahun, dan senior.

[Penulis: Kusuma Alan]

Komentar