Bola / bola-dunia
Arief Apriadi
Bek AC Milan Theo Hernandez berebut bola dengan pemain Valencia Omar Alderte di laga persahabat yang digelar di Stadion Mestalla, Kamis (5/8/2021) dini hari WIB. Valencia menang adu penalti 5-3. (Foto: AFP)

Suara.com - Pemain berposisi bek di sepak bola modern saat ini, tak hanya bertugas untuk menjaga pertahanan saja. Bahkan, saat ini pemain belakang juga dituntut aktif mencetak gol.

Bek yang dulunya difokuskan untuk menghadang bola yang memasuki area pertahanan, kini pun bisa menjadi lumbung gol bagi timnya.

Banyak bek-bek dengan torehan gol mentereng dan bahkan bisa melewati torehan para penyerang. Di era 80 dan 90 an, ada nama Ronald Koeman dan Steve Bruce.

Lalu di era 2000-an awal, ada nama John Terry yang hingga saat ini tercatat sebagai bek tersubur sepanjang sejarah Premier League.

Baca Juga: Dilepas Al-Sadd, Xavi Hernandez Merapat ke Barcelona

Lantas untuk era modern saat ini, kira-kira siapa bek yang punya catatan gol bak para penyerang? Berikut daftarnya.

5. Joao Cancelo

Bek Manchester City, Joao Cancelo (kiri) coba melewati hadangan bek Borussia Monchengladbach Matthias Ginter dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions (Man City vs Monchengladbach) di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Rabu (17/3/2021) dini hari WIB. [Attila KISBENEDEK / AFP].

Tak salah jika menyebut nama Joao Cancelo merupakan Full Back terbaik di sepak bola saat ini. Ia bisa bermain di posisi Full Back kanan maupun kiri.

Ia terkenal piawai dalam membantu penyerangan dan juga bertahan. Bahkan karenanya ia pun perlahan menjadi andalan Pep Guardiola. Total 6 gol dan 7 assist telah ia cetak bersama Manchester City dalam 88 laga.

4. Alphonso Davies

Baca Juga: Desak Al Sadd, Xavi Hernandez: Saya Ingin Pulang ke Barcelona

Pemain Bayern Munich Alphonso Davies membawa bol saat menghadapi Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Glyn KIRK / AFP

Alphonso Davies dikenal sebagai Full Back kiri yang cepat dan tangguh dalam berduel. Di usianya yang masih muda, ia mencatatkan namanya sebagai yang terbaik di posisinya.

Komentar