Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman
Para pemain Timnas Indonesia berpose sebelum bertanding melawan Timnas Singapura dalam pertandingan semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB. [ANTARA FOTO/Humas PSSI]

Suara.com - Upaya timnas Indonesia U-23 untuk mempertahankan gelarnya di ajang Piala AFF U-23 2022 mendapat saingan berat dari sejumlah kontestan.

Sebelumnya, timnas Indonesia U-23 sukses meraih gelar juara Piala AFF U-23 2019 saat masih berada di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri.

Pada gelaran Piala AFF U-23 edisi ketiga ini, timnas Indonesia U-23 akan berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Sementara itu, Grup A dihuni oleh Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Adapun Grup C hanya diisi tiga kontestan, yakni Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Baca Juga: Park Hang-seo Tak Dampingi Vietnam di Piala AFF U-23, Ini Penggantinya

Pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri (kiri) menenangkan para pemainnya Osvaldo Haay (kedua kiri) dan Evan Dimas (ketiga kanan) seusai kalah dari Timnas Vietnam dalam final sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). Timnas U-22 Indonesia meraih medali perak setelah kalah 0-3 dari Vietnam. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama.

Menurut jadwal, gelaran Piala AFF U-23 2022 ini akan berlangsung di Kamboja pada 14 hingga 26 Februari 2022.

Setidaknya ada sejumlah kontestan yang berpeluang besar menjadi penantang skuad Garuda Muda untuk kembali meraih gelar juara.

Kontestan-kontestan ini jelas harus diwaspadai. Apalagi, sebagian besar dari pemain-pemainnya juga tampil bersama timnas senior masing-masing di ajang Piala AFF 2020.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat pesaing terberat timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2022

1. Kamboja

Baca Juga: Sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF, Timnas Garuda Pernah Menang Berapa Kali?

Timnas Kamboja U-23 menjadi salah satu kontestan yang diunggulkan pada ajang Piala AFF U-23 2022 karena status mereka sebagai tuan rumah.

Mereka yang awalnya berada di pot satu tergabung di Grup A Piala AFF U-23 2022 bersama Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Pada gelaran Piala AFF 2022, skuad asuhan Ryu Hirose membawa materi pemain-pemain muda dan dikolaborasikan dengan sejumlah nama pemain senior.

Oleh karen itu, pemain-pemain muda di skuad timnas Kamboja berpeluang besar untuk kembali dibawa Ryu Hirose tampil di Piala AFF U-23 2022.

2. Thailand

Tak perlu diragukan lagi, Thailand masih akan tetap menjadi pesaing terberat bagi tim-tim Asia Tenggara untuk menjuarai Piala AFF, tak terkecuali di kelompok U-23.

Pada edisi sebelumnya, saat timnas Indonesia U-23 meraih gelar juara Piala AFF U-23 2019, Thailand lah yang menjadi lawan Garuda Muda di final.

Beruntungnya, skuad asuhan Indra Sjafri saat itu sukses menumbangkan perlawanan Gajah Perang Muda dengan skor 2-1 di partai puncak.

Pada edisi kali ini, timnas Thailand masih akan menjadi lawan yang tangguh bagi seluruh kontestan yang bertekad meraih gelar juara.

Selain itu pula, para pemain timnas Thailand U-23 juga sebelumnya sukses lolos ke ajang Piala Asia U-23 2022.

Hal ini menjadi bukti bahwa skuad Gajah Perang Muda memiliki kapasitas yang mumpuni untuk kembali menjadi finalis di ajang Piala AFF U-23 2022.

3. Vietnam

Pada ajang Piala AFF 2020, pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo membawa sekitar delapan pemain dari kelompok U-23 untuk tampil bersama tim senior.

Delapan pemain yang dimaksud ialah Nguyen Van Toan (kiper), Bui Hoang Viet Anh (gelandang), Nguyen Thanh Binh (gelandang), dan Le Van Xuan (bek).

Selain itu, empat nama lainnya ialah Ly Cong Hoang Anh (gelandang), Nham Manh Dung, Le Van Do (gelandang), dan Tran Van Dat (penyerang).

Tentu, Park Hang-seo bukan tanpa alasan membawa pemain-pemain muda ini. Sebab, mereka sukses mengantarkan Vietnam U-23 lolos ke ajang Piala Asia U-23 2022.

Menurut jadwal, gelaran itu bakal dilangsungkan di Uzbekistan pada 1 hingga 19 Juni 2022. Tentu saja, gelaran Piala AFF U-23 2022 bakal menjadi ajang pemanasan bagi anak asuh Park Hang-seo.

4. Malaysia

Performa timnas Malaysia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 patut mendapat perhatian khusus. Sebab, mereka bakal menjadi lawan Indonesia di babak penyisihan grup Piala AFF U-23 2022.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Malaysia sukses menjadi juara klasemen akhir Grup J dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga.

Skuad asuhan Brad Maloney ini sukses mengungguli Thailand yang hanya mampu mengakhiri persaingan di posisi runner-up klasemen akhir.

[Penulis: Muh Adif Setiawan]

Komentar