Bola / bola-dunia
Syaiful Rachman
Winger Barcelona, Ousmane Dembele (kanan). [JAVIER SORIANO / AFP]

Suara.com - Pemain-pemain muda potensial dibeli dengan harga fantastis wajar dalam sepak bola. Kemampuan dan usia muda para pemain berlabel wonderkid adalah kelebihan yang menawarkan jaminan perkembangan bagi klub-klub ambisius di kompetisi domestik dan Eropa.

Tidak sedikit talenta-talenta muda tersebut dibeli oleh tim-tim top Eropa dengan harga selangit. Pembelian yang disertai ekspektasi tinggi.

Namun, tidak sedikit dari talenta-talenta muda tersebut gagal memenuhi ekspektasi. Berikut di antaranya.

Reaksi pemain Real Madrid Luka Jovic dalam pertandingan La Liga. [AFP]

1. Luka Jovic

Baca Juga: Thailand Mendominasi, Timnas Indonesia Tertinggal Dua Gol di Babak Pertama

Digadang-gadang sebagai penyerang muda yang potensial, Luka Jovic justru gagal bersinar saat Real Madrid memboyongnya dari Eintracht Frankfurt dengan mahar 60 juta euro pada 2019.

Dia bahkan sempat dipinjamkan kembali ke Frankfurt setelah satu setengah musim di Santiago Bernabeu. Total dia sudah bermain 47 kali dan baru mencetak 3 gol buat Los Blancos.

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. [Mike Hewitt / POOL / AFP]

2. Kepa Arrizabalaga

Mencatatkan rekor transfer saat diboyong Chelsea dari Athletic Bilbao dengan biaya 80 juta euro pada 2018, Kepa Arrizabalaga gagal tampil konsisten bersama The Blues.

Kiper asal Spanyol tersebut memang menjadi andalan di bawah mistar Chelsea selama 2 musim pertamanya. Namun, seiring penampilan yang tak konsisten, tempatnya digeser oleh Edouard Mendy.

Baca Juga: 3 Wonderkid Timnas Indonesia yang Bisa Panaskan Laga Lawan Timor Leste

Pemain Manchester City, Benjamin Mendy. [@benmendy23/Instagram]

3. Benjamin Mendy

Saat didatangkan manchester City dari AS Monaco di usia 22 tahun, Benjamin Mendy saat itu dianggap sebagai salah satu bek sayap muda paling potensial.

Tak ayal The Citizens rela merogoh kocek hingga 52 juta poundsterling. Namun, penampilan tak konsisten dan rangkaian cedera membuat Mendy gagal menunjukkan permainan terbaik.

Kariernya pun kini terancam karena dipenjara akibat kasus pemerkosaan. Pemain asal Prancis ini memang sudah dibebaskan, tetapi menjadi tahanan rumah dan tak boleh meninggalkan Inggris.

Pemain Atletico Madrid Joao Felix merima kartu merah setelah melanggar pemain Athletic Bilbao Unai Vencedor dalam laga La Liga yang digelar di Estadio Wanda Metropolitano, 19 September 2021. [AFP]

4. Joao Felix

Joao Felix adalah daftar pemain muda gagal yang dibeli dengan harga selangit. Dia diboyong Atletico Madrid dari Benfica pada 2019 dengan harga mencapai 126 juta euro.

Harga selangit itu nyatanya tak berbanding dengan penampilan Joao Felix. Total, pemain berusia 22 tahun itu baru mencetak 22 gol dari total 96 pertandingan buat Atletico Madrid di semua kompetisi.

Pemain Barceona Ousmane Dembele mencoba melewati pemain Benfica dalam pertandingan fase grup Liga Champions yang digelar di Camp Nou, 24 November 2021. [AFP]

5. Ousmane Dembele

Tampil mengesankan bersama Borussia Dortmund membuat Barcelona rela merogoh kocek hingga 145 juta euro untuk memboyong Ousmane Dembele pada 2017.

Namun apa yang terjadi di lapangan tak sesuai ekspektasi. Rentetan cedera membuat Dembele gagal menunjukkan penampilan terbaiknya bersama Blaugrana.

Bahkan rumor belakangan ini menyebut bahwa pemain asal Prancis itu bersiap untuk dilepas oleh Barcelona. Dari 129 pertandingan yang dilakoni olehnya, Dembele hanya mampu mencetak 31 gol.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar