Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Striker Timnas Inggris, Harry Kane merayakan golnya dalam pertandingan persahabatan Imelawan Swiss di Stadion Wembley, London, Minggu (27/3/2022) dini hari WIB. (REUTERS/DYLAN MARTINEZ)

Suara.com - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate berharap tren kesuburan Harry Kane bisa memuncak di Qatar ketika putaran final Piala Dunia 2022 digelar pada November-Desember nanti.

Kane, sang bomber andalan sekaligus kapten Timnas Inggris, begitu dekat dengan pemecahan rekor sebagai top skor sepanjang masa Three Lions setelah ia mengkonversi tendangan penalti saat mereka mengalahkan Swiss 2-1 dalam laga persahabatan di Wembley, London, Minggu dini hari WIB tadi.

Gol itu membuat Kane kini setara dengan penyerang legendaris Bobby Charlton dengan koleksi 49 gol dan menempati posisi kedua daftar top skor sepanjang masa Timnas Inggris, hanya terpaut empat gol dari Wayne Rooney.

"Nama-nama yang ada di sekitarnya (Kane) sungguh luar biasa," puji Southgate selepas pertandingan dikutip dari Reuters, Minggu (27/3/2022).

Baca Juga: Belgia Diimbangi Irlandia, Roberto Martinez Ungkap Alasan Turunkan Pemain-pemain Lapis Kedua

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. [ANEK SKARZYNSKI / AFP]

"Harry akan mengapresiasi catatan bersejarah itu, yang akan berarti besar baginya dan bisa di antara nama-nama itu. Anda harus mengakui bahwa dia tampaknya jadi favorit untuk melakukannya (memecahkan rekor)," ujarnya menambahkan.

Saat ditanya apakah ia menginginkan Kane memecahkan rekor itu sebelum putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar, Southgate mengatakan: "Saya ingin dia memecahkan rekor itu di final Piala Dunia!"

"Saya pikir dia cukup tenang soal peluang itu, dia percaya diri bisa mencapainya karena rasio gol per gimnya sangat luar biasa fenomenal. Saya tidak tahu bagaimana komparasinya dengan Jimmy Greaves, tapi saya pikir dia satu-satunya pemain yang bisa mendekati," celotehnya.

Inggris sudah 'memesan' tiket ke Qatar sejak mengunci posisi juara Grup I kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa pada 15 November 2021 lalu.

Sejak Southgate dipercaya mengampu tugas sebagai pelatih Timnas Inggris, Three Lions telah mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan tampil di final Euro 2020.

Baca Juga: Christian Eriksen Nikmati Comeback Sempurna ke Timnas Denmark

Komentar

terkini