Suara.com - Buah dan sayur dikenal sebagai makanan yang kaya nutrisi, namun siapa yang menyangka bahwa keduanya bila dimakan begitu saja tanpa diolah bisa menangkal depresi.
Ya, sebuah penelitian terkini mengungkap bagaimana depresi bisa dicegah dengan cara sederhana, yakni mengonsumsi buah dan sayuran segar. Menurut peneliti dari University of Otago di Selandia Baru, konsumsi sayur dan buah-buahan segar lebih baik daripada yang dimasak atau dikalengkan.
"Penelitian kami telah menyoroti bahwa konsumsi buah dan sayuran di negara mereka yang 'tidak dimodifikasi' lebih kuat terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan buah atau sayuran yang dimasak, dikalangan, atau diproses," ujar peneliti utama Kate Brookie dilansir Nypost.
Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini mungkin karena proses memasak dan mengolah buah dan sayuran dapat mengurangi jumlah nutrisi sehingga ketika mengonsumsinya, kita tidak mendapatkan manfaat penuh.
Untuk mendapatkan temuan ini, lebih dari 400 orang berusia antara 18 hingga 24 tahun dari Selandia Baru dan Amerika Serikat dianalisis. Mereka disurvei berapa banyak sayuran dan buah yang dikonsumsi dan bagaimana cara mereka mengolahnya.
"Penelitian kami menemukan, responden yang mengonsumsi buah dan sayuran mentah lebih rendah tingkat depresi yang dirasakannya serta mengalami peningkatan suasana hati yang positif dan kepuasan hidup dibandingkan yang mengonsumsi sayur dan buah yang matang atau diolah," tambah dia.
Jenis sayur dan buah terbaik untuk dikonsumsi demi meningkatkan kesehatan mental antara lain wortel, pisang, apel, sayuran hijau gelap seperti bayam, jeruk bali, selada, buah jeruk, timun dan buah kiwi.
Berita Terkait
Terpopuler
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
- Jaksa Skakmat Nadiem: Mau Putus Konflik Kepentingan, Kok Saham Gojek Tak Dijual?
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
- Honda Vario 160 Teranyar Dikabarkan Meluncur Akhir Bulan Ini, Tampang Lebih Agresif
Pilihan
-
Prediksi Meksiko vs Afrika Selatan: Head to Head, Susunan Pemain dan Fakta Menarik
-
Rekor Gila ARMY Indonesia! Belum Genap Sejam, Ratusan Ribu Tiket Konser OT7 BTS Ludes Tanpa Sisa
-
PTBA Kembangkan 500 Itik Petelur di Muara Enim, Hasilkan 200 Telur Omega per Hari
-
Raffi Ahmad Terseret Kasus Suap Impor, Padahal Cuma Basa-basi Titip Barang ke PT Blueray
-
Haji Bolot Dikabarkan Terkena Serangan Jantung, Posisi Masih di Rumah Sakit
Terkini
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya
-
Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak
-
Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya