Suara.com - Memiliki wajah yang awet muda tanpa kerutan mungkin bisa menjadi dambaan banyak orang. Dalam hal ini mangga khususnya mangga madu disebut bisa mengurang kerutan halus di wajah.
Melansir dari Medicalxpress, mangga pada umumnya kaya akan beta-karoten yang menyediakan antioksidan sehingga dapat menunda kerusakan sel.
Namun sebuah studi baru dari para peneliti di University of California, Davis, menemukan bahwa makan mangga madu dapat mengurangi kerutan wajah pada lansia perempuan dan membuat kulit lebih cerah. Studi tersebut dipublikasikan di jurnal Nutrients.
Perempuan pascamenopause yang makan setengah cangkir mangga madu empat kali seminggu mengalami penurunan keriput sebesar 23 persen setelah dua bulan dan 20 persen lagi setelah empat bulan.
"Itu peningkatan signifikan pada kerutan," kata penulis utama Vivien Fam, seorang mahasiswa doktoral di Departemen Gizi UC Davis.
"Perempuan yang makan satu setengah cangkir mangga untuk periode waktu yang sama mengalami peningkatan kerutan. Ini menunjukkan bahwa meskipun beberapa mangga mungkin baik untuk kesehatan kulit, namun terlalu banyak mungkin tidak baik," kata Fam.
Para peneliti mengatakan terlalu banyak makan mangga akan terkait dengan jumlah gula yang lebih tinggi, sehingga tak baik untuk kesehatan.
"Sistem yang kami gunakan untuk menganalisis kerutan memungkinkan untuk memvisualisasikan kerutan dan mengukur kerutan," kata Robert Hackman, profesor di Departemen Nutrisi dan penulis terkait studi tersebut.
Fam mengatakan penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk mempelajari mekanisme di balik pengurangan keriput terkait dengan konsumsi mangga.
Baca Juga: Hindari Konsumsi 5 Asupan Ini saat Perut Kosong, Salah Satunya Salad Sayur
Fam mengatakan efek ini mungkin terjadi karena efek menguntungkan dari karotenoid (pigmen tanaman oranye atau merah) dan fitonutrien yang dapat membantu membangun kolagen.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
Terkini
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus