Suara.com - Akibat perngaruh hormonal, perempuan sering kali mengalami perubahan suasana hati, kram, hingga sakit kepala. Belum lagi risiko osteroporisis, kanker payudara, hingga masalah jantung yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pemenuhan gizi yang tepat perlu dilakukan.
Melansir dari Eat This, berbagai makanan dapat menangkis banyak risiko penyakit yang sering kali menimpa peremuan. Berikut beberapa makanan untuk memenuhi gizi perempuan dan menjaga kesehatan di hari tua, antara lain:
1. Ikan Salmon
Ikan berlemak seperti salmon liar, mackerel, dan herring bisa meningkatkan kesehatan karena kandungan omega-3 yang tinggi. Asam lemak anti-inflamasi yang kuat ini dapat membantu mengurangi kemungkinan kematian akibat penyakit jantung hingga lebih dari 33 persen serta membantu menurunkan risiko radang sendi dan baik untuk perkembangan otak janin.
2. Cokelat Hitam
Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kakao memiliki kondisi kardiovaskular yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak. Satu studi yang terbit pada jurnal Circulation Heart Failure menemukan bahwa perempuan yang makan satu hingga dua porsi cokelat berkualitas tinggi per minggu memiliki risiko 32 persen lebih rendah terkena gagal jantung daripada mereka yang tidak mengonsumsi cokelat.
Para peneliti menghubungkan manfaat kesehatan kakao dengan konsentrasi polifenol dan flavanolnya yang tinggi, senyawa antiinflamasi yang membantu melindungi jantung. Pastikan untuk konsumsi cokelat hitam yang mengandung 74 persen atau lebih padatan kakao.
3. Kenari
Satu dari empat perempuan Amerika meninggal karena penyakit jantung setiap tahun dan 90 persen wanita memiliki satu atau lebih faktor risiko untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular. Kacang kenari yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.
Baca Juga: Mengandung Banyak Nutrisi, Berikut Rekomendasi Sushi dari Ahli Gizi!
Satu studi menemukan bahwa mengunyah dua ons kenari sehari dapat secara signifikan meningkatkan aliran darah ke dan dari jantung hanya dalam 8 minggu. Studi lain juga menemukan bahwa jumlah yang sama dapat membantu menunda perkembangan kanker payudara dan memperlambat pertumbuhan tumor.
4. Bawang Putih
Hampir sepertiga perempuan berusia antara 45 dan 55 tahun memiliki tekanan darah tinggi. Dalam hal ini, bawang putih yang mengandung fitokimia, termasuk allicin, disebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 10 poin. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang terbit pada Journal of Integrated Blood Pressure Control.
Menurut sebuah penelitian di Journal of Nutrition, bawang putih juga dapat mencegah perkembangan penyakit jantung dengan mengurangi penumpukan plak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.
5. Apel
Sindrom metabolik yang mengacu pada sekelompok kondisi seperti resistensi insulin, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi jadi masalah yang umum terjadi pada perempuan. Hal ini yanng kemudian akan berisiko meningkatkan masalah jantung.
The Iowa Women's Health Study menunjukkan bahwa apel adalah salah satu dari tiga makanan yang paling efektif dalam mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular pada perempuan. Konsumsi apel juga disebut bisa menurunkan tekanan darah.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?