Health / women
Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Vanessa Hudgens. (Instagram/@vanessahudgens)

Suara.com - Pemain film High School Musical, Vanessa Hudgens, sama sekali tidak menyukai air putih. Bahkan, wanita 32 tahun ini sering pingsan karena dehidrasi.

Padahal, air sangat penting untuk sistem tubuh, mulai dari mengatur suhu hingga membantu dalam aliran darah. Apabila tidak mendapatkan cukup air, tubuh akan mengalami kerusakan ginjal hingga berisiko mengalami infeksi saluran kemih.

Sebagai gantinya, Hudgens mengonsumsi air kaktus.

Berdasarkan Insider, air kaktus berasal dari bagian berwarna merah muda yang menempel di atas tanaman atau buah kaktus, bukan air di dalam kulit yang berwarna hijau.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Air Putih, Ini 5 Khasiat Hebatnya!

Air kaktus mengandung sedikit kalori dan sedikit gula daripada air kelapa. Selain itu, air ini juga memiliki manfaat anti-peradangan.

Buah kaktus (Shutterstock)

"Ini membantu mengurangi bengkak dan kemerahan di kulit sekaligus menghidrasi tanpa menambah gula berlebih. Air kaktus juga 'mengoleksi' vitamin yang bagus untuk kulit," tutur dermatologis Rachel Nazarian, dilansir Insider.

Jenis air ini juga mengandung elektrolit, yang membantu mengatur cairan tubuh dan antioksidan seperti betanin dan isorhamnetin.

Tetapi, mengonsumsi minum air kaktus bisa menimbulkan efek pencahar apabila dikonsumsi secara berlebihan.

"Tubuh Anda mungkin belum dapat memproses masuknya mineral dan elektrolit alami dalam dosis tinggi," kata ahli gizi Scotty Schellner.

Baca Juga: Cara Minum Air Putih yang Benar untuk Turunkan Berat Badan

Berlebihan dalam mengonsumsi air kaktus juga dapat menganggu obat-obatan tertentu, terutama yang diresepkan untuk mengobati diabetes.

Komentar