Health / konsultasi
Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Suara.com - Beberapa gejala virus corona Covid-19 mirip dengan masalah kesehatan lainnya, sehingga membuat banyak orang sulit membedakannya. Karena itu, orang yang mengalami gejala mirip virus corona disarankan melakukan isolasi mandiri dan segera tes Covid-19.

Adapun gejala virus corona Covid-19 paling umum, termasuk demam tinggi, batuk terus-menerus, serta kehilangan indera penciuman dan pengecap.

Selain semua kondisi itu, ada pula gejala virus corona Covid-19 lainnya yang harus diwaspadai, seperti sesak napas atau kesulitan bernapas, nyeri otot, nyeri tenggorokan, dan pilek.

Beberapa orang mungkin juga mengalami sakit kepala, nyeri dada, konjungtivitis, mual, muntah, diare atau ruam kulit.

Baca Juga: Lagi, Studi Buktikan Vaksinasi Efektif Lawan Virus Corona Penyebab Sakit Covid-19

Pada anak-anak, gejala virus corona Covid-19 juga bisa sama dengan gejala yang dialami orang dewasa. Tapi, biasanya anak-anak mengalami gejala virus corona yang lebih ringan.

Apalagi, musim dingin ini mungkin juga memperburuk pandemi virus corona Covid-19. Sebab, semua orang tidak hanya menghadapi ancaman virus corona, tetapi juga flu musiman.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/mohamed_hassan)

Karena itu, semua orang tidak hanya disarankan suntik vaksin Covid-19, tetapi juga vaksin flu. Bahkan, sekarang para ahli telah menyarankan suntikan booster vaksin Covid-19 pada orang yang berisiko.

Tapi, orang-orang mungkin akan mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19 yang berbeda dengan dua dosis pertama vaksin Covid-19 sebelumnya.

Efek samping suntikan booster vaksin Covid-19 ini pun hampir mirip dengan sebelumnya, termasuk rasa sakit dan nyeri pada area suntikan yang cenderung memburuk sekitar 1 hingga 2 hari setelah vaksinasi. Beberapa orang juga akan merasa lelah, sakit kepala atau gejala mirip flu ringan.

Baca Juga: Lebih dari 50 Persen Penyintas Virus Corona Alami Long Covid-19, Apa Sebabnya?

Suntik vaksin Covid-19 ini sudah terbukti mengurangi risiko Anda menderita virus corona Covid-19, meskipun mungkin butuh beberapa hari bagi tubuh Anda membangun perlindungan dari suntikan booster vaksin Covid-19.

Bila Anda masuk kelompok rentan dan sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19, maka Anda akan degera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19. Anda juga tidak perlu ragu suntik vaksin Covid-19 dan vaksin flu bersamaan.

Komentar