Health / konsultasi
Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Ilustrasi perempuan dengan diet atau pola makan sehat. (Shutterstock)

Suara.com - Anda mungkin percaya bahwa menetapkan resolusi menurunkan berat badan di Tahun Baru dapat membantu Anda mencapai tujuan gaya hidup sehat.

Namun, hanya berfokus pada angka dapat mengalihkan Anda dari membuat perubahan gaya hidup yang benar-benar akan meningkatkan kesehatan.

"Pada akhirnya, topik ini harus didekati secara bijaksana dan hati-hati," jelas Pumper, dilansir Very Well Health.

Ahli gizi terdaftar di The Ohio State University Wexner Medical Center, Candace Pumper, mengatakan penting untuk mempertimbangkan riwayat kesehatan dan tekanan sosial, seperti budaya diet atau standar kecantikan, dalam prosesnya.

Baca Juga: Perlu Dipenuhi, Ini 6 Nutrisi untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Penting untuk diingat bahwa berat badan tidak secara otomatis sama dengan kesehatan.

Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)

Selain itu, penyaluran lemak dari makanan tidak dalam kendali Anda seperti yang dibayangkan. Penyaluran ini sebagian besar diwariskan dan berperan dalam bagaimana tubuh terbentuk.

Misalnya, seseorang mungkin kurus secara alami, tetapi tidak berarti mereka kebal terhadap masalah kesehatan.

"Jika Anda tidak dapat menikmati hodup sepenuhnya, jika Anda harus berolahraga tiga jam hanya karena makan sepotong kue, itu bukanlah kesehatan," tambah ahli gizi Dalina Soto.

Berat badan akan menyesuaikan ketika Anda 'mengisi bahan bakar' dan berolahraga dengan cara yang benar sesuai kebutuhan tubuh Anda sendiri.

Baca Juga: Tips Wujudkan Resolusi Keuangan, Kesehatan dan Karir Secara Bersamaan di Tahun 2022

Faktor-faktor alami dari tubuh dan kesehatan ini, yang sebenarnya tidak dalam kendali Anda, membuatnya semakin penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan dan keluarga.

Menurut Pumper, perilaku dan kebiasaan kecil seperti rutin makan buah dan sayuran, serta minum air putih sebelum sarapan, merupakan permulaan untuk melakukan gaya hidup sehat.

Komentar