Health / konsultasi
Arendya Nariswari
Ilustrasi gambar (freepik)

Suara.com - Suara.com - Gigi yang patah atau retak dapat menyebabkan sakit gigi yang menyakitkan. Kerusakan pada email gigi dapat mengekspos pulpa bagian dalam gigi. Lantas, bagaimana cara meredakan sakit gigi?

Diketahui, dalam email gigi terletak pembuluh darah, saraf, dan jaringan ikat gigi. Jika area itu meradang atau terinfeksi, rasa sakitnya bisa sangat menyiksa. 

Cara Meredakan Sakit Gigi

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (20/1/2022), simak berikut ini 7 cara meredakan sakit gigi baik melalui obat-obatan apotek maupun pengobatan herbal.

Baca Juga: Organ Peredaran Darah pada Burung dan Fungsinya, Mulai Arteri, Kapiler hingga Mesenterik Posterior

1. Advil (Ibuprofen)

Jika Anga mengalami sakit gigi, Anda bisa menggunakan beberapa obat pereda sakit gigi dari apotek seperti Advil (ibuprofen) atau Tylenol (asetaminofen). Hindari aspirin, yang dapat memperlambat pembekuan darah. Ini bisa menjadi masalah jika Anda membutuhkan saluran akar.

2. Orajel (benzocaine)

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Orajel (benzocaine) atau Anbesol (lidocaine). Obat-obatan tersebut dapat Anda temukan di sebagian besar apotek.

3. Cengkih

Baca Juga: Penyebab Jantung Berdebar Paling Umum, Kondisi Medis dan Obat-obatan Bisa Pengaruhi

Cengkih obat herbal yang memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami. Mereka adalah elemen umum dalam pengobatan tradisional Cina dan India di mana mereka telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat untuk segala macam sakit dan nyeri. Cengkih dianggap sangat efektif untuk pengobatan sakit gigi.

4. Air Garam

Air garam hangat juga salah satu obat herbal bisa jadi salah satu cara terbaik untuk meredakan sakit gigi. Mencuci dengan air garam juga dapat meredakan sakit gigi karena air garam dapat menghilangkan beberapa pembengkakan di gusi yang mungkin menyebabkan rasa sakit.

5. Kompres Dingin

Ini mungkin tampak sedikit kontra-intuitif, namun kompres dingin juga menjadi salah satu obat herbak yang dapat membantu meringankan rasa sakit sakit gigi, terutama jika disebabkan oleh pembengkakan di sekitar gigi.

6. Arang

Arang aktif adalah zat yang berasal dari karbon. Arang aktif bisa Anda temukan di sebagian besar apotek. Arang aktif dapat berbentuk bubuk atau dicampur dengan air untuk membentuk pasta. Beberapa orang mengklaim bahwa arang aktif dapat menjadi obat herbal yang digunakan untuk meredakan sakit gigi. 

7. Capsaicin

Capsaicin , zat yang ditemukan di "tulang rusuk" cabai yang memberi rasa panas pada cabai, biasanya digunakan untuk meredakan nyeri saraf. Dan itu bisa termasuk saraf di gigi Anda

Demikian informasi mengenai cara meredakan sakit gigi baik menggunakan obat-obatan apotek maupun obat-obatan herbal.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar

terkini