Suara.com - Seringkali serangan jantung mematikan telat dideteksi sejak awal. Padahal, ternyata ada tes mata sederhana yang bisa memprediksi risiko serangan jantung tersebut.
Para ilmuwan telah mengembangkan sistem kecerdasan buatan yang menganalisis pemindaian yang diambil selama kunjungan rutin ke ahli kacamata.
Kemudian mereka mengidentifikasi pasien yang berisiko tinggi mengalami masalah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Perubahan pembuluh darah kecil di retina dapat mengindikasikan penyakit pembuluh darah, termasuk jantung.
Sistem AI dilatih oleh para ilmuwan Universitas Leeds untuk membaca pemindaian mata dan menemukan orang-orang yang kemungkinan besar akan mengalami serangan jantung di tahun berikutnya.
Diterbitkan dalam jurnal Nature Machine Intelligence, para peneliti mengatakan sistem AI sekitar 70 hingga 80 persen akurat dalam prediksinya.
Oleh karena itu dapat digunakan untuk pemantauan kardio melalui pemeriksaan mata.
Sistem ini bisa menjadi pengubah permainan dalam cara pasien diskrining untuk tanda-tanda penyakit jantung.
Profesor Alex Frangi, seorang Turing Fellow di Alan Turing Institute, mengatakan: “Penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung, adalah penyebab utama kematian dini di seluruh dunia dan pembunuh terbesar kedua di Inggris. Hal ini menyebabkan penyakit kronis dan kesengsaraan di seluruh dunia.
“Teknik ini membuka kemungkinan untuk merevolusi skrining penyakit jantung. Pemindaian retina relatif murah dan secara rutin digunakan di banyak praktik ahli kacamata.
Baca Juga: 5 Tips Untuk Meningkatkan Kesehatan Mata, Bukan Cuma Makan Makanan Sehat!
Ia menjelaskan, bahwa sebagai hasil dari skrining otomatis, pasien yang berisiko tinggi jatuh sakit dapat dirujuk ke layanan spesialis jantung. Pemindaian juga dapat digunakan untuk melacak tanda-tanda awal penyakit jantung."
Chris Gale, Profesor Kedokteran Kardiovaskular di University of Leeds dan Konsultan Kardiologis di Leeds Teaching Hospitals NHS Trust, mengatakan sistem AI memiliki potensi untuk mengidentifikasi individu yang menghadiri pemeriksaan mata rutin yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular di masa depan yang lebih tinggi, di mana perawatan pencegahan dapat dimulai lebih awal untuk mencegah penyakit kardiovaskular dini.”
Itu terjadi setelah kami mengungkapkan sebuah penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi setengah sendok makan bahan pokok dapur setiap hari dapat memangkas risiko kematian akibat penyakit jantung atau kanker.
Orang yang makan banyak sayuran, ikan, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian dianggap lebih sehat dan hidup lebih lama.
Tetapi para ahli yang mengamati makanan 90.000 orang dan menemukan jika mereka memasukkan minyak zaitun ini ke dalam makanan mereka, mereka mengurangi kemungkinan kematian dini.
Ditemukan orang yang memiliki lebih dari setengah sendok makan bumbu sehari 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Mengapa Pertalite Mau Dihapus?
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- 5 Lipstik Rekomendasi Fuji yang Tahan Lama, Tidak Kering dan Anti Pecah-Pecah
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional