Health / men
Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi Buang Air Kecil. (pixabay)

Suara.com - Kanker prostat termasuk jensi kanker yang berkembang perlahan pada pria, sehingga harus diwaspadai. Tak hanya itu, kanker prostat juga cenderung tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala akan muncul setelah bertahun-tahun kanker prostat berkembang.

Karena itu, pria perlu mewaspadai setiap tanda-tanda kecil kanker prostat. Seorang dokter telah memperingatkan pria untuk waspada terhadap satu gejala kanker prostat ketika menggunakan toilet.

Dr Jiri Kubes, direktur medis fasilitas kanker Pusat Terapi Proton mengatakan orang perlu dididik tentang tanda-tanda kanker prostat.

"Jika Anda secara teratur menemukan diri Anda bangun larut malam karena ingin buang air kecil, itu bisa jadi tanda kanker prostat," kata Dr Jiri Kubes dikutip dari The Sun.

Baca Juga: Kemenkes Malaysia: 91 Persen Korban Meninggal Covid-19 Tidak Sadar Terinfeksi Virus Corona

ilustrasi kanker prostat (Pixabay)

Gejala lain yang sering kami lihat pada pasien adalah kesulitan buang air kecil serta darah dalam urine atau air mani.

Kabar baiknya, kanker prostat bisa diobati bila terdeteksi cukup dini. Jadi, sangat penting bagi pria untuk mengetahui hal-hal yang harus diwaspadai.

"Penyakit ini bisa menyerang pada usia berapa pun, tetapi pria di atas usia 50 tahun harus memperhatikan kesehatan prostat mereka," katanya.

Prostat adalah kelenjar kecil seukuran buah kenari yang hanya dimiliki pria. Kelenjar ini berada di sekitar uretra, tabung tempat kencing dan ejakulasi di antara penis dan kandung kemih.

Prostat berfungsi untuk menghasilkan cairan yang bercampur dengan sperma untuk membuat air mani, sehingga sangat penting untuk reproduksi.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Picu Serangan Jantung Penyintas Covid-19, Cari Tahu Cara Mencegahnya

Komentar

terkini