Suara.com - Studi Terbaru: Kebotakan Bisa Dicegah dengan Makan Kimchi
Kimchi, makanan khas Korea yang terbuat dari kol yang difermentasi begitu populer, tak hanya di Korea, tapi juga di seluruh dunia. Bahkan, kimchi telah menjadi makanan favorit masyarakat di Negeri Gingseng tersebut selama berabad-abad.
Selain kelezatannya, makanan fermentasi seperti kimchi juga memiliki sumber bakteri yang menguntungkan yang sangat penting untuk kesehatan usus dan penyerapan nutrisi. Inilah yang membuat kimchi memiliki manfaat kesehatan sebagai probiotik.
Bukan cuma dari segi kesehatan, sebuah studi terbaru menemukan hal mengejutkan mengenai kimchi.
Dilansir Koreaboo, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Dankook di Korea Selatan, menemukan bahwa mengonsumsi kimchi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memghindari kebotakan.
Penelitian ini melibatkan 23 lelaki yang berada pada tahap awal kerontokan rambut. Para peserta diminta untuk mengonsumsi jus kimchi dua kali sehari. Hasilnya cukup menjanjikan.
Ditemukan bahwa setelah satu bulan, jumlah rata-rata rambut per sentimeter persegi meningkat dari 85 menjadi 90. Jumlah rata-rata rambut semakin meningkat setelah empat bulan mereka minum jus kimchi.
Hasil ini membuat peneliti menyimpulkan bahwa kimchi dapat menjadi sumber makanan yang ideal untuk menebalkan rambut dan bahkan mencegah proses kebotakan.
Dengan banyaknya obat anti-kebotakan yang memiliki efek samping yang tidak menyenangkan, para peneliti mendorong lelaki yang lebih tua untuk mengonsumsi kimchi sebagai alternatif yang lebih aman.
Baca Juga: Penggemar Makanan Korea, Kunjungi K-Food Fair 2019 Yuk!
Tentu saja, kimchi bukanlah kunci utama untuk menghindari kebotakan. Namun bagi lelaki yang khawatir akan kerontokan rambut, sepertinya makan kimchi akan lebih baik daripada tidak sama sekali.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
Terkini
-
Apa Itu Sepatu Hybrid? Ini 5 Rekomendasi Buatan Lokal Terbaik dan Serbaguna
-
Cara Nonton Piala Dunia 2026 di TVRI Nasional dan TVRI Sport
-
3 Zodiak Raih Kesuksesan Finansial Selama 15-21 Juni 2026, Siap Banjir Rezeki?
-
Bukan Cuma Putih, Ini 5 Warna Kamar Mandi yang Bawa Rezeki dan Energi Positif Versi Feng Shui
-
Kenapa Mahasiswa Demo 'Menuju Indonesia Bangkrut' di Bundaran HI?
-
Bebas dari Masa Sulit, 4 Zodiak Ini Diprediksi Jalani Hari Mulus pada 13 Juni 2026
-
Terpopuler: Top 5 Sepatu Recovery Run Lokal, Cara Nonton Piala Dunia 2026 lewat MAXStream TV
-
5 Shio Paling Beruntung 13 Juni 2026: Panen Rezeki dan Peluang Emas di Akhir Pekan
-
Bukan Sekadar Teknologi, AI Ternyata Juga Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia
-
Banyak Inovasi Mahasiswa Mandek di Kampus, Ini Caranya Supaya Bisa Jadi Bisnis