Suara.com - Saat ini kopi susu ala kafe sedang digandrungi oleh remaja hingga dewasa muda. Bahkan ada yang tak bisa jika tak meminumnya setiap hari.
Namun, banyak yang menyebut kopi susu ala kafe ini bisa menyebabkan jerawat. Benarkah?
Menurut ahli dermatologi dr Afaf Agil AM, SpKK kandungan kafein dalam kopi tidak memicu jerawat. Akan tetapi, gula dan susu yang menjadi campurannya memang bisa menyebabkan jerawat.
Susu dan produk susu lainnya seperti keju merupakan salah satu jenis makanan yang bisa memicu munculnya jerawat.
"Di jurnal itu disebutkan kalau minum dua gelas susu per hari itu yang akan menimbulkan jerawat. Kalau di bawah itu sih boleh-boleh saja," jelasnya dalam Live IG ID Derms, beberapa waktu lalu.
Tubuh kita juga masih memerlukan kalsium, kandungan alami yang dimiliki oleh susu. Namun mengonsumsinya juga tak boleh berlebihan untuk mencegah munculnya jerawat.
Selain susu, ada beberapa jenis makanan lainnya yang disebut dapat memicu munculnya jerawat.
Penelitian menyatakan bahwa makanan yang indeks glikemiknya tinggi adalah salah satunya.
"Intinya makanan manis, makanan yang mengandung gula tinggi," ujar dr Afafa.
Baca Juga: 5 Trik Rahasia Perempuan Korea Selatan Cegah Jerawat Saat Pakai Masker
Kemudian makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi namun rendah serat, seperti gorengan atau makanan bersantan.
Ada yang menyebut cokelat, kacang, dan telur juga dapat memicu munculnya jerawat. Dokter Afaf menyebutkan memang ada penelitian yang menyebutkan hal tersebut, tapi ada juga yang menyanggah.
Menurutnya, cokelat sendiri tidak menyebabkan jerawat. Akan tetapi kandungan gula pada cokelat yang terasa manislah yang menjadi pemicunya.
"Karena kalau kadar gulanya tinggi, dia bisa memicu reaksi peradangan di kulit," katanya.
Oleh karena itu, dr Afaf menyarankan untuk makan makanan yang sehat agar tak memunculkan jerawat di wajah.
Selain itu, menghidrasi tubuh dengan minum minimal 8 gelas air setiap harinya juga sama pentingnya.
Tag
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
Terkini
-
Apa Itu Sepatu Hybrid? Ini 5 Rekomendasi Buatan Lokal Terbaik dan Serbaguna
-
Cara Nonton Piala Dunia 2026 di TVRI Nasional dan TVRI Sport
-
3 Zodiak Raih Kesuksesan Finansial Selama 15-21 Juni 2026, Siap Banjir Rezeki?
-
Bukan Cuma Putih, Ini 5 Warna Kamar Mandi yang Bawa Rezeki dan Energi Positif Versi Feng Shui
-
Kenapa Mahasiswa Demo 'Menuju Indonesia Bangkrut' di Bundaran HI?
-
Bebas dari Masa Sulit, 4 Zodiak Ini Diprediksi Jalani Hari Mulus pada 13 Juni 2026
-
Terpopuler: Top 5 Sepatu Recovery Run Lokal, Cara Nonton Piala Dunia 2026 lewat MAXStream TV
-
5 Shio Paling Beruntung 13 Juni 2026: Panen Rezeki dan Peluang Emas di Akhir Pekan
-
Bukan Sekadar Teknologi, AI Ternyata Juga Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia
-
Banyak Inovasi Mahasiswa Mandek di Kampus, Ini Caranya Supaya Bisa Jadi Bisnis