Lifestyle / food-travel
Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Ilustrasi makan malam bersama keluarga. (Envato)

Suara.com - Tahukah Anda betapa pentingnya makan malam bersama keluarga? Tidak hanya sekedar kebiasaan semata, makan malam bersama keluarga juga bisa memberikan efek psikologi yang luar biasa.

Seperti yang dilansir dari web Psychology Today, aktivitas ini dapat memberikan kenyamanan bagi anak-anak, serta membantu mereka untuk berpikir positif saat melewati masa-masa sulit. Jika tidak memungkinkan untuk melakukannya setiap malam, Anda perlu mengusahakannya buat mengadakan makan malam bersama sekali dalam seminggu.

Nah, agar quality time semakin berharga dan memberikan kesan yang berbeda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Apa saja itu? Yuk, kita cek berikut ini!

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan hidangan spesial. Tidak hanya soal kemewahan, tapi dengan menyajikan makanan kesukaan keluarga. Untuk menambah keindahan susana makan malam, gunakan piring yang cantik dalam menyajikan makanan dan menatanya secara rapi. Anda juga bisa menambahkan garnish dari bunga, potongan sayur, atau buah. Ciptakan suasana makan malam yang terasa spesial, layaknya ketika bersantap di restoran.

Baca Juga: Ingin Bikin Haters Jera, Ayu Ting Ting Tegaskan Ogah Cabut Laporan terhadap KD

Hal lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah penataan meja makan dan kursi makan. Cara sederhana ini dapat memengaruhi mood serta meningkatkan selera makan. Jika tidak ingin repot, cukup tambahkan taplak meja, lilin, dan bunga sebagai dekorasi yang akan menyempurnakan meja makan Anda.

Agar aktivitas menata meja lebih menarik dan bermakna, ajaklah anak-anak atau pasangan Anda untuk ikut membantu. Cara ini mudah dilakukan bersama-sama, serta bisa memberikan aktivitas baru bagi si kecil. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan efek positif untuk anak-anak, yaitu dapat menumbuhkan rasa peduli pada keadaan sekitar.

Setelah penataan meja yang sempurna selesai, cara berikutnya untuk membuat makan malam terasa spesial adalah melakukan tradisi sebelum makan. Misalnya, dengan berdoa bersama atau mengucapkan terima kasih kepada setiap anggota keluarga dan kerabat yang hadir dalam acara makan malam tersebut. Memang terkesan sepele, tetapi tanpa disadari cara ini akan menjadi kebiasaan dan bisa menciptakan memori yang indah.

Saat sedang bersantap bersama keluarga dan kerabat, hindari menggunakan ponsel dengan alasan apa pun, baik karena pekerjaan atau sekedar memeriksa smartphone. Sebuah penelitian menunjukan ketika seseorang cenderung asyik dengan dunia mereka sendiri saat sedang melakukan aktivitas bersama keluarga, kebiasaan ini akan merusak acara makan malam.

Selain itu, pastikan Anda membangun percakapan yang efektif dan melibatkan semua tamu yang hadir. Cobalah untuk berbincang sesuatu yang menarik dan gunakan waktu selama 10 menitan untuk berbincang-bincang bersama anggota keluarga. Dengan waktu yang singkat tersebut, Anda bisa mendengarkan setiap cerita mereka, baik tentang pengalaman maupun sejarah keluarga. Cara ini dapat membuat acara makan malam jadi lebih berkesan dan mendekatkan satu sama lain.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Santai Ayah Rozak dan Umi Kalsum Dilaporkan Orangtua KD

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Emory, Feiler mengatakan, jika anak-anak mengenal dan mengetahui lebih banyak tentang keluarga mereka, maka bisa meningkatkan rasa percaya diri atas hidup yang dijalani. Tak hanya itu, makan malam juga bisa membuat hubungan antara orangtua dan anak jadi semakin erat.

Komentar