Suara.com - Mengonsumsi segelas susu setiap hari dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 17 persen. Fakta ini diungkapkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications.
Penelitian tersebut menjadi sorotan di tengah meningkatnya kasus kanker usus secara global. Hal ini menunjukkan pilihan minuman sederhana dapat membantu mencegah penyakit tersebut.
Dilansir dari Medical Daily, temuan ini berdasarkan evaluasi kebiasaan makan lebih dari setengah juta wanita di Inggris selama 17 tahun.
Peneliti menemukan bahwa asupan kalsium harian sekitar 300 mg—setara dengan segelas susu—berkontribusi pada penurunan risiko kanker usus secara signifikan. Sebaliknya, konsumsi alkohol justru meningkatkan risiko hingga 15 persen.
"Kalsium dalam susu berperan penting melindungi lapisan usus dari kerusakan," ujar peneliti utama studi tersebut, Keren Papier.
Kalsium diduga bekerja dengan mengikat asam empedu dan asam lemak bebas, membentuk senyawa yang tidak berbahaya bagi lapisan usus. Selain susu, yogurt dan makanan kaya kalsium lainnya juga disebut memberikan efek perlindungan yang sama.
Penelitian ini juga mencatat bahwa faktor lain seperti asupan riboflavin, magnesium, fosfor, dan serat memiliki hubungan berbanding terbalik dengan risiko kanker usus. Sebaliknya, konsumsi daging merah dan olahan meningkatkan risiko penyakit ini sebesar 8 persen untuk setiap tambahan 30 gram per hari.
Di Inggris, sekitar lima persen wanita didiagnosis kanker usus setiap tahun. Jika 100 wanita meningkatkan konsumsi kalsium harian menjadi 345 mg, jumlah diagnosis dapat turun dari lima menjadi empat kasus per 100 wanita, menurut Dr. David Nunan dari Centre for Evidence-Based Medicine, Universitas Oxford.
Peneliti menegaskan bahwa pola makan kaya kalsium dapat menjadi langkah sederhana namun efektif dalam mengurangi risiko kanker usus. Meski demikian, hubungan antara suplemen kalsium dan risiko kanker ini belum diteliti lebih lanjut.
"Konsumsi susu dan makanan tinggi kalsium adalah pilihan yang mudah untuk menurunkan risiko kanker," ujar para peneliti.
Selain itu, menjaga keseimbangan nutrisi dengan mengonsumsi buah, biji-bijian, dan serat juga dianjurkan untuk pencegahan kanker. (antara)
Berita Terkait
-
ASI Warna Kuning Artinya Apa? Berkaca dari Pengalaman Alyssa Daguise dan Steffi Zamora
-
Viral Ibu Bagi-Bagi ASI saat Bulan Ramadan sampai Ditegur Tokoh Agama, Begini Klarifikasinya
-
Cara Cegah Kanker Usus Besar, Kenali 3 Metode Skrining Ini
-
Benarkah Yogurt Bisa Kurangi Risiko Kanker Usus? Ini Temuan Peneliti
-
Ciri-ciri Kanker Usus Besar dan Penangannya yang Banyak Diderita Anak Muda
Terpopuler
- Jaksa Skakmat Nadiem: Mau Putus Konflik Kepentingan, Kok Saham Gojek Tak Dijual?
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
Pilihan
-
Harry de Fretes Bagikan Kabar Haji Bolot Meninggal, Keluarga: Hoaks, Itu Orang Kurang Kerjaan
-
Prediksi Meksiko vs Afrika Selatan: Head to Head, Susunan Pemain dan Fakta Menarik
-
Rekor Gila ARMY Indonesia! Belum Genap Sejam, Ratusan Ribu Tiket Konser OT7 BTS Ludes Tanpa Sisa
-
PTBA Kembangkan 500 Itik Petelur di Muara Enim, Hasilkan 200 Telur Omega per Hari
-
Raffi Ahmad Terseret Kasus Suap Impor, Padahal Cuma Basa-basi Titip Barang ke PT Blueray
Terkini
-
Cara Beli Paket MAXStream TV untuk Menonton Piala Dunia 2026
-
Daftar Siaran Resmi Piala Dunia 2026 di Indonesia, Bisa Nonton Gratis di TV dan Streaming
-
Kaki Masih Pegal Setelah Lari? Ini 5 Sepatu Recovery Run Lokal dengan Review Terbaik
-
Ratusan Lentera Bercahaya Hiasi Malam Jakarta, Jadi Pilihan Wisata Unik untuk Liburan
-
Hoki Besar Datang! 4 Shio Ini Diprediksi Panen Rezeki dan Kabar Baik Mulai 12 Juni 2026
-
Trik Duet Cushion dan Bedak Tabur agar Complexion Bebas Dempul dan Anti-Geser
-
Dompet Hitam Benarkah Paling Mendatangkan Rezeki? Ini Maknanya Menurut Feng Shui
-
4 Shio yang Hoki 12 Juni 2026, Segalanya Diprediksi Berjalan Lancar
-
4 Rekomendasi Micellar Water Oil di Shopee, Terbukti Aman untuk Kulit Sensitif dan Berminyak
-
4 Zodiak Paling Beruntung pada 12 Juni 2026, Rezeki dan Peluang Emas Menanti