Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Selasa, 05 Mei 2020 | 11:55 WIB
Ketua Fraksi PAN di DPR RI, Hanafi Rais di Jakarta, Senin (28/1). [Suara.com/Ria Rizki Nirmala Sari]

Suara.com - Hanafi Rais menyatakan diri mundur dari kepengurusan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) 2020-2025. Bukan hanya itu saja, putra dari Amien Rais itu juga menanggalkan jabatannya sebagai Ketua Fraksi PAN di DPR RI serta sebagai anggota DPR RI 2019-2024.

Pernyataan mundur tersebut dituangkan Hanafi Rais dalam sebuah surat yang dibubuhi materai di atas tanda tangannya. Surat itu dibuat di Jakarta pada Selasa, 5 Mei 2020.

"Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024," demikian tertulis dalam suratnya.

Hanafi menjelaskan kalau setelah diadakannya kongres partai pada Februari lalu, ia memiliki harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan guna menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader.

Ia juga sempat menyinggung apabila kongres PAN diwarnai dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri.

"Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridha dengan partai ini," katanya.

Tetapi menurutnya, PAN telah melewatkan momentum tersebut untuk memperbaiki diri agar lebih bijaksana dalam berorganisasi dna bersikap. Hanafi menemukan adanya kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan.

"Sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan," ucapnya.

Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Barat Muhammad Asri Anas membenarkan terkait kabar mundurnya Hanafi Rais dari PAN.

"Saya sudah konfirmasi sama Hanafi, benar beliau mundur seperti di surat," ujar Asri Annas.