News / nasional
Dany Garjito | Rifan Aditya
Sajadah Jadul Mendadak Viral, Gambar Hagia Sophia di Sebelah Masjidil Haram (Twitter)

Suara.com - Sajadah jadul dengan desain gambar Hagia Sophia di sebelah Masjidil Haram tiba-tiba viral di media sosial. Belakangan, warganet baru menyadarinya.

Hal ini bermula dari unggahan CEO & Founder of AMI Group and AMI Foundation, Azzam Mujahid Izzulhaq di Twitter, pada Senin (20/7/2020).

Azzam mengunggah foto-foto sajadah jadul yang dibordir dengan gambar dua bangunan di bagian atas atau tempat kepala untuk bersujud.

Gambar di sebelah kiri merupakan Masjidil Haram. Terlihat Ka'bah yang dikelilingi oleh bangunan dan menara.

Baca Juga: Ngebut dan Tak Terima Diklakson, Wanita Pakai Rok Mini Ludahi Pemotor

Sementara gambar di sebelah kanan memperlihatkan bangunan dengan empat menara dan tiga kubah. Salah satu kubah terlihat paling besar di antara lainnya.

Gambar bangunan itu sangat identik dengan Hagia Sophia atau Aya Sofya.

Menurut Azzam, sajadah dengan desain gambar seperti ini populer sekitar tahun 1990an.

"Masihkah kita ingat dengan sajadah dengan desain seperti ini? Sajadah ini populer pada zaman dulu sekitar tahun 1940-1990an (entah sekarang apakah masih ada atau tidak). Sadarkah kita bahwa gambar masjid di sebelah Masjidil Haram itu adalah Aya Sofya (Hagia Sophia)?" tulis @AzzamIzzulhaq.

Azzam mengatakan bahwa desain sajadah ini berupaya membuat umat Islam selalu ingat bahwa Hagia Sophia adalah sebuah masjid.

Baca Juga: Ramai Protes Perubahan Hagia Sophia, Politikus Islam: Zionis Kok Dibiarkan?

"Upaya agar Aya Sofya diingat oleh umat Islam sebagai Masjid dilakukan dengan berbagai macam cara sejak lama. Termasuk dengan 'mind engineering' melalui desain pesan secara tersembunyi," kata Azzam.

Komentar