Dwi Bowo Raharjo | Muhammad Yasir
Kamis, 29 Oktober 2020 | 19:51 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Pexels)

Suara.com - Sebanyak 13 kabupaten/kota masuk ke dalam daftar daerah dengan angka kesembuhan pasien Covid-19 di bawah 25 persen. Bahkan, empat daerah diantaranya nihil alias belum ada pasien yang dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengemukakan hal itu berdasar data perkembangan tingkat kesembuhan pasien hingga 25 Oktober 2020. Adapun, empat daerah yang belum ditemukan adanya pasien sembuh dari Covid-19 yakni Natuna, Kepulauan Riau dan Ngada, Belu, serta Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Nol persen pertumbuhan dikarenakan baru saja terdampak covid-19. Sehingga dari jumlah kasus yang ada belum mengalami kesembuhan," kata Wiku saat jumpa pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis (29/10/2020).

Sementara itu, Wiku merincikan sembilan daerah dengan angka kesembuhan pasien Covid-19 di bawah 25 persen, yakni; Sarmi, Papua 13,3 persen, Kepulauan Yapen, Papua 14,2 persen, Maybrat, Papua Barat 16,6 persen, dan Padang Lawas, Sumatra Utara 19,5 persen. Kemudian Bungo, Jambi 20,8 persen, Kaimana, Papua Barat 22,2 persen dan Nias Utara, Sumatra Utara 22,2 persen.

Selanjutnya Sarolangun, Jambi 24,11 persen dan Mamuju Utara, Sulawesi Barat 24,3 persen.

Atas temuan tersebut, Wiku meminta masing-masing kepala daerahnya untuk melakukan evaluasi. Khusunya terkait pelayanan kesehatan terhadap pasien Covid-19.

"Daftar ini menunjukkan bahwa layanan kesehatan yang diberikan masih perlu untuk ditingkatkan," ujar Wiku.

Disisi lain, Wiku meminta masing-masing kepala daerah tersebut untuk melaporkan kendala yang dialami kepada Satgas Penanganan Covid-19. Sehingga diharapkan nantinya dapat dibantu hingga meningkatkan angka kesembuhan pasien.

"Sehingga dapat dicari jalan keluarnya dan dapat meningkatkan angka kesembuhan," pungkasnya.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.