News / internasional
Reza Gunadha | Rima Suliastini
Gli, Kucing Penjaga Hagia Sophia Tutup Usia, Warga Dunia Berduka. (Instagram/@hagiasophiacat)

Suara.com - Gli, kucing cantik yang jadi primadona Hagia Sophia mati di usia 16 tahun. Menyadur Middle East Monitor, Selasa (10/11) berita kematian Gli disampaikan oleh Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, Ali menuliskan tentang kondisi Gli yang sakit pada bulan September dan dirawat di klinik Kota Istanbul.

"Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta (distrik) Levent (Istanbul) sejak 24 September, sayangnya meninggal karena usia tuanya."

Ali lantas mengungkapkan rasa dukanya. "Kami tidak akan pernah melupakanmu, Gli," tambahnya.

Baca Juga: Kembali Jadi Masjid, Hagia Sophia Datangkan 1,5 Juta Turis ke Turki

Gli adalah kucing tabby yang menghabiskan seluruh hidupnya di Hagia Sophia. Ia bahkan dilahirkan di bangunan bersejarah itu.

Gli kucing penunggu Masjid Hagia Sophia (Kolase foto/Instagram/@hagiasophiacat)

Gli memiliki satu saudara berjenis kelamin jantan bernama Pati dan saudara betina bernama Kizim. Sementara, induk mereka bernama Sofi. 

Menurut situs resmi Hagia Sophia, salah satu petugas bernama Bilgen Deveci awalnya memilih nama Gri atau dalam bahasa Inggris Gray (abu-abu) untuk Gli.

Ketenaran Gli memuncak seiring dengan banyaknya perhatian dunia pada Hagia Sophia yang dikembalikan statusnya sebagai masjid pada musim panas tahun ini.

Sebelumnya, Hagia Sophia berfungsi sebagai museum dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengembalikan fungsi bangunan megah itu sebagai rumah ibadah umat muslim.

Baca Juga: Salat Jemaah di Hagia Sophia Munculkan Kasus Covid-19 Baru di Turki

Gli, yang berarti persatuan cinta dalam bahasa Turki, populer di kalangan turis dan pengunjung, termasuk Presiden AS Barack Obama.

Komentar