News / nasional
Siswanto | Welly Hidayat
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/12/2020). [Antara/Hafidz Mubarak A/rwa]

Suara.com - Tersangka Edhy Prabowo mengucapkan selamat kepada Sakti Wahyu Trenggono yang telah dilantik Presiden Joko Widodo menjadi menteri kelautan dan perikanan.

"Selamat dengan jabatan yang baru. Semoga dalam menjalankan tugas tetap lancar dan sukses (Sakti Wahyu). Nelayan sangat butuh pemimpin," kata Edhy di KPK, Rabu (23/12/2020). Sakti menggantikan Edhy yang terjerat kasus korupsi.

Edhy menilai Sakti seorang pemimpin yang berkarakter.

Edhy mengatakan tadi dia menjalani pemeriksaan lanjutan.

Baca Juga: Ponsel Ajudan Edhy Prabowo Disita KPK

KPK mencecar Edhy soal pembelian barang-barang mewah saat kunjungannya ke Amerika Serikat yang diduga uangnya bersumber dari suap izin ekspor benih lobster di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Didalami pengetahuan yang bersangkutan terkait pembelian barang-barang diantaranya tas dan jam tangan mewah berbagai merek selama kegiatan tersebut yang sumber uang untuk pembelanjaan barang-barang tersebut diduga berasal dari para eksportir benih lobster yang telah mendapatkan izin ekspor," kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri.

KPK tadi memeriksa Edhy dalam kapasitas sebagai saksi untuk tersangka Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan sekaligus Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas (Due Diligence) Andreau Pribadi Misata dan kawan-kawan.

"Selain itu, penyidik juga mendalami pengetahuan yang bersangkutan terkait dengan aktivitas perjalanan dinas dan kegiatannya selama berada di AS," ujar Ali.

Baca Juga: Resmi Dilantik, Ini Gaji Sandiaga Uno, Risma, dan 4 Menteri Baru Jokowi

Komentar