News / internasional
Reza Gunadha | Rima Suliastini
Pendukung Donald Trump di gedung Capitol. (Anadolu Agency/Mostafa Bassim)

Suara.com - Video keamanan dari dalam yang belum pernah dilihat sebelumnya saat kerusuhan gedung Capitol ditayangkan dalam sidang pemakzulan Donald Trump.

Video mentah yang berasal dari kamera CCTV itu menunjukkan dengan jelas, bagaimana pendukung Trump merangsek masuk ke 'rumah rakyat'.

Menyadur ABC News Kamis (11/02), para perusuh menggunakan balok kayu untuk memecahkan jendela dan naik ke gedung. Orang pertama yang naik ke gedung itu membawa tongkat bisbol dan diikuti oleh perusuh lainnya.

Jaksa penuntut di sidang pemakzulan Donald Trump memutar lalu lintas radio polisi di mana petugas yang terluka berseru "mereka melemparkan tiang logam ke arah kami" dan minta bantuan segera.

Baca Juga: Kecewa, Pria Bertanduk di Kerusuhan Gedung Capitol Kini Serang Donald Trump

Setelah itu, video menunjukkan rekaman perusuh yang mendobrak jendela dengan perisai anti huru hara untuk naik ke Capitol. Petugas Kepolisian Capitol AS Eugene Goodman memperingatkan Senator Republik Mitt Romney bahwa para perusuh sedang menuju ke arahnya ketika gedung itu dibobol.

Rekaman menunjukkan Romney berlari setelah bertemu dengan Goodman. Perusuh mengambil alat pemadam kebakaran dari tembok saat menyerbu lorong. "Di mana mereka menghitung suara?"

Goodman menghadapi kerumunan dengan tangan terangkat dan berkata "Jangan lakukan itu. Jangan lakukan itu."

Pada saat itu, wakil presiden Mike Pence langsung dievakuasi dari Kamar Senat. Perusuh meneriakkan "Gantung Mike Pence!" dan "Keluarkan Pence!" saat mereka menjelajahi aula.

Nancy Pelosi, target politik utama Donald Trump ketika jadi presiden dilarikan ke lokasi yang aman karena perusuh secara terbuka menyatakan niat mereka untuk membunuhnya.

Baca Juga: Kisah Remaja Laporkan Ayahnya ke FBI karena Ikut Kerusuhan Capitol

Polisi Capitol mengevakuasi Ketua DPR Nancy Pelosi dari kompleks Capitol sepenuhnya karena mereka mengkhawatirkan keselamatannya pada hari itu.

Video juga menunjukkan detik-detik saat Ashli Babbitt, korban jiwa dalam kerusuhan itu ditembak dan dibunuh selama penyerbuan gedung Capitol.

Komentar