News / nasional
Dany Garjito
Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara daring melalui laman www.skck.polri.go.id di Jakarta, Jumat (8/11). [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]

Suara.com - SKCK adalah sebuah dokumen yang akan diminta sebagai salah satu pelengkap syarat saat melamar kerja, SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dijadikan sebagai catatan perilaku baik atau tidak pernah tercatat melakukan tindakan kriminal yang diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Dokumen SKCK berlaku selama 6 bulan setelah surat tersebut diterbitkan sebelum anda diharuskan untuk memperpanjang SKCK anda, bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk mengurus secara offline kini anda dapat mengurus pembuatan maupun perpanjangan SKCK secara online.

Di bawah adalah ulasan yang akan mengulas lengkap tentang pembuatan SKCK Online, mari simak!

Syarat Membuat SKCK

Baca Juga: Perpanjang SKCK: Cara, Dokumen yang Perlu Disiapkan

INFOGRAFIS: Catat! 7 Syarat Membuat SKCK

Untuk mendapatkan SKCK ada beberapa persyaratan yang persyaratan yang harus anda penuhi sebelumnya, berikut adalah syarat membuat SKCK yang harus anda ketahui:

  1. Fotokopi KTP dan KTP Asli
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Fotokopi akte kelahiran/ijazah
  4. Foto berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 6 lembar menggunakan latar foto berwarna merah, pakaian sopan dan rapi, tampak muka. Bagi pemohon yang mengenakan jilbab pas foto harus menunjukan bagian muka secara utuh
  5. Fotokopi Paspor
  6. Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum mendapatkan KTP

Alur Cara Membuat SKCK Online

Di bawah adalah urutan atau alur saat anda akan membuat SKCK online:

1. Akses Laman Resmi Polri

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengakses laman resmi polri melalui website https://skck.polri.go.id. Pada bagian kanan atas akan ada kolom yang bertuliskan formulir pendaftaran, klik kolom tersebut.

Baca Juga: Biaya Pembuatan SKCK, Simak Syarat dan Tahap Pengajuannya

2. Isi Formulir Pendaftaran

Komentar