Otomotif / motor
Cesar Uji Tawakal
Pelatihan mekanik muda Mandalika oleh ITDC. (Dok. ITDC)

Suara.com - Indonesia Tourism Development Corpora;on (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, telah memulai program magang bagi 12 pemuda terpilih peserta pelatihan mekanik sepeda motor dari desa penyangga The Mandalika, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Lombok NTB yang dikembangkan oleh ITDC.

Program magang yang mulai dilaksanakan sejak awal pekan ini merupakan rangkaian dari Pelatihan Mekanik Sepeda Motor yang bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan Dinas Koperasi dan UKM NTB.

Program ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga mekanik sepeda motor terampil dan profesional serta siap pakai, bahkan dapat membuka usaha perbengkelan motor.

Program magang berlangsung selama tiga bulan dimulai bulan Juli hingga September 2021 di lima dealer resmi AHASS yang tersebar di Kabupaten Lombok Tengah yaitu Astra Motor Kopang, Astra Motor Praya, Krida Praya, Mutiara Motor 2 Mantang, dan Mandiri Motor.

Baca Juga: 4 Aturan Bepergian via Darat Selama PPKM Darurat

Pemuda yang mengikuti magang merupakan 12 pemuda dengan skor terbaik dari total 18 peserta pilihan yang mengikuti uji tes oleh AHASS pada sesi akhir pelatihan mekanik di Hotel Puri Indah Subak, Mataram pada 30 Juni 2021. 

“Kami ucapkan selamat mengiku; program magang kepada 12 peserta terbaik dari 18 peserta pelatihan mekanik sepeda motor. Di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, kami berharap para peserta terus bersemangat mengikuti kegiatan magang sehingga dapat mencapai hasil terbaik," kata VP Corporate Secretary ITDC I Made A. Dwiatmika melalui press release.

Mekanik terpilih binaan ITDC dimagangkan. (Dok. ITDC)

Kegiatan magang dilakukan di bengkel masing-masing dealer didampingi oleh mekanik pendamping dan diawasi oleh kepala bengkel. Peserta magang diwajibkan untuk melakukan praktik memperbaiki sepeda motor konsumen dan melakukan bongkar dan pasang mesin dengan ketepatan waktu sesuai standar layanan bengkel.

Keterampilan peserta secara general dan khusus pada bidang sistem kelistrikan, engine, chasis, dan kedisiplinan juga akan dinilai secara berkala oleh kepala bengkel dan pada akhir magang, para peserta akan menerima ser;fikat tenaga terampil mekanik sepeda motor yang diberikan oleh AHASS.

Made menambahkan bahwa program pelatihan mekanik ini diberikan sesuai dengan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Kementerian BUMN mengenai kesempatan kerja yang produktif dan layak bagi masyarakat.

Baca Juga: Tak Cuma Ekslusif di MotoGP, Seamless Shift Gearbox akan Hadir di Motor Jalanan?

“Pelatihan ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ITDC bagi masyarakat desa penyangga, The Mandalika. Kami ingin para pemuda yang terlatih ini bisa menggali ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya saat mengikuti program magang di dealer AHASS yang akan bermanfaat untuk proses bekerja kedepannya,” ujar Made. 

Komentar

terkini