Otomotif / motor
RR Ukirsari Manggalani
EICMA sebagai pentas otomotif roda dua paling ternama di Italia didukung ANCMA atau Asosiasi Sepeda Motor dan Aksesoris Nasional Italia. Sebagai ilustrasi [AFP/Miguel Medina].

Suara.com - Asosiasi Sepeda Motor dan Aksesoris Nasional Italia atau ANCMA menyambut operasi Compagnia della Guardia di Finanza, bagian wilayah Olgiate Comasco, yang berada antara Milan dan Como. Tujuannya adalah menciduk pedagang gelap sepeda motor gelap.

Dikutip dari rilis resmi EICMA 2021 sebagaimana diterima Suara.com, setelah kegiatan investigasi yang dikoordinasikan Kantor Kejaksaan Umum Como, dua warga negara Italia ditangkap karena penipuan pajak terkait perdagangan gelap kendaraan jenis motor trail untuk kebutuhan motocross.

Investigasi berangkat dari permintaan beberapa produsen di bawah organisasi ANCMA, lantas diluncurkan kampanye tentang risiko dan konsekuensi hukum yang timbul akibat pembelian sepeda motor gelap, dan menyangkut tindak kriminal.

Motor trail Gasgas, sebagai ilustrasi (rideapart.com)

Turut mendukung aksi ANCMA adalah para pelaku industri roda dua yang beroperasi di Negeri Pizza. Antara lain GASGAS, Honda RedMoto, Husqvarna, KTM dan Yamaha.

Baca Juga: Siapkan Pentas di Pemungkas November, EICMA 2021 Telah Buka Pemesanan Tiket Daring

Adapun tujuan ANCMA memutus peredaran gelap pemasaran sepeda motor ini adalah melindungi jaringan penjualan resmi dari persaingan tidak sehat yang dijalankan para oknum.

Karena itu, calon pembeli diimbau selalu waspada, di balik harga penawaran murah, dan sangat mudah.

Dikutip dari surat kabar varesenews.it, salah satu tersangka penjualan sepeda motor gelap ini mengiming-imingi calon pembeli harga murah. Juga jaringan perusahaan besar bisa menyiapkan produk dalam waktu cepat. Nama pembeli pun dicatut untuk impor produk dari luar Italia.

Penggelapan sudah berlangsung kurun 2015 - 2020, ribuan sepeda motor yang diimpor lantas didistribusikan secara nasional, dan pengimpor menghindari pajak terutang. Laba mereka dinilai lebih dari 15 juta euro.

Pemasaran gelap itu sendiri diperkirakan mempengaruhi setidaknya 20 persen dari pasar sepeda motor di Italia, serta bernilai lebih dari 30 juta euro.

Baca Juga: Countdown Pameran Internasional Roda Dua Milan EICMA 2021 Dimulai

ANCMA mengimbau calon pembeli agar senantiasa menghubungi jaringan diler resmi di daerah masing-masing bila menginginkan produk baru. Karena pembelian pasti diurus secara serius, transparan, sekaligus profesional.

Komentar