Press Release / pressrelease
Ferry Noviandi
Db Mandala [Instagram]

Suara.com - Penyanyi Db Mandala terlihat begitu antuasias ketika disinggung soal album perdananya, yang akan dilepas dalam waktu dekat. Maklum, album yang rencananya diberi judul 27 dan Masih Bertahan ini sudah disiapkan sejak empat tahun lalu.

Ya, sejak 2017 Db Mandala sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk album perdana ini. Yang paling penting tentu saja mempersiapkan lagu-lagu untuk dipersembahkan kepada pecinta musik Indonesia.

"Senang banget rasanya mau rilis album perdana. Deg-degan, karena karya kita akhirnya bisa dinikmati secara umum," kata Db Mandala kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Db Mandala [Instagram]

Sebelum memutuskan bersolo karier, Db Mandala sempat menjadi vokalis untuk band pop punk. Ia pun akan memperkenalkan ciri khasnya di lagu-lagunya.

Baca Juga: Kirnath, Rapper yang Punya Penggemar di AS dan Rusia

"Tapi tetep ada beberapa ciri khas Db yang nggak hilang. Seperti vokalnya yang emosional, lirik eksistensial dibalut dengan spiritual dan percintaan," ujar Db Mandala.

Untuk album 27 dan Masih Bertahan, Db Mandala mengaku menemui banyak kesulitan. Pandemi menjadi salah satunya, tapi ia tak mau menyerah dengan segala rintangan tersebut.

"Deep down gue yakin aja memang gue ada di dunia ini buat jadi entertainer, khususnya musisi," tutur Db Mandala.

Selain itu, Db Mandala merasa albumnya punya nilai tersendiri. Album itu seolah merangkum perjalanan dan perjuangan hidupnya selama ini.

"Judulnya aja 27 dan Masih Bertahan. Album ini kaya perayaan buat gue pribadi, di umur segini gue masih bisa bermusik. Buat gue itu anugerah yang sangat besar yang Tuhan kasih ke gue," ujarnya.

Baca Juga: 5 Bentuk Dukungan Rendah Biaya untuk Para Pelaku Musik

Ada 12 lagu yang dipersembahkan Db Mandala di album ini. Selain menghibur, ia juga mencoba menyampaikan sebuah pesan dalam albumnya.

"Kalau buat pesan, gue yakin time line 'sukses'-nya orang itu beda-beda. Jadi nggak peduli lu masih 12 atau 40 tahun. Nggak perlu lihat kiri-kanan, orang sudah sampai sana-sini, lo masih diam di tempat. Kerjain aja yang bisa lo kerjain. Pasti bakal ada waktunya spotlight bakal ngarah ke lo, dan ini bersifat umum nggak cuma di musik," tutur Db Mandala.

Komentar