Press Release / pressrelease
Ferry Noviandi
Band Fantasy [dokumentasi pribadi]

Suara.com - Band Fantasy kini tinggal dua personel, Gangga Mascoditos alis Dito (lead gitar, bass, piano, keyboard) dan Deva Deffa Gustiawan (vokal dan gitar). Tapi meski begitu, band Surabaya ini malah jadi lebih kompak dan produktif.

Sebagai bukti, Fantasy baru saja merilis sebuah lagu berjutul "Romantika Remaja". Menariknya, lagu ini dibuat saat mereka masih duduk di bangku SMA dengan format band penuh.

Band Fantasy [dokumentasi pribadi]

"Lagu ini secara garis besarnya aku yang buat. Kemudian aku tunjukkan ke Deva, dan Deva memberikan masukan soal liriknya. Karena kebetulan kami selain satu SMU juga tinggalnya bertetangga. Jadi tiap malam bisa ngumpul bikin lagu bareng," kata Dito yang diamini Deva, seperti dalam rilis yang diterima Suara.com.

Fantasy adalah band SMA dari Surabaya yang kerap tampil di sejumlah fetival musik. Namun menjelang ujian, band ini terpaksa vakum. Dan ketika masing-masing personel masuk perguruan tinggi, mereka pun berpisah.

Baca Juga: Kaleidoskop 2021: Lagu Paling Populer, Ada BTS Sampai Tri Suaka

Kemudian atas inisiatif Dito dan Deva, Fantasy pun kembali dibangkitkan. Namun karena hanya Dito dan Deva yang mau melanjutkan, band ini pun kita tampil dengan konsep duo.

Band Fantasy [dokumentasi pribadi]

Secara musik, Fantasy mengusung musik retro, sama seperti yang mereka tampilkan saat pertama kali dibentuk. Hal ini diakui Dito dan Deva karena kesukaan mereka terhadap band-band macam Queen, Beatle, Bee Gees, Air Supply dan lainnya.

"Mungkin kami terlalu teracuni oleh The Beatles, Queen, Bee Gees, Air Supply dan lainnya. Bukan berarti kami  enggak suka dengan musik kekinian. Kami juga punya banyak lagu yang non retro. Spirit dari beat dan melodi dari lagu band-band populer tersebut benar-benar penuh karisma buat kami. Terlebih lagi setelah kami pelajari lagi biopik perjuangan band legend tersebut yang 'from no one become some one'. That's crazy. Itu yang selalu menginspirasi kita," tutur Deva.

Ketika mengikuti ajang lomba band, Fantasy selalu membawakan karyanya sendiri. Oleh sebab itu Dito mengaku bahwa sebenarnya sudah banyak lagu yang ia ciptakan dengan berbagai genre. Jadi ketika melangkah ke jenjang lebih lanjut mereka sudah siap dengan karya-karyanya.

Band Fantasy [dokumentasi pribadi]

"Sebetulnya sudah banyak lagu yang aku buat dan tidak semua sama atau sejenis retro saja. Cuma karena menurut kita lagu ini asyik makanya kami rilis duluan. Lagu ‘Romantika Remaja’ yang dirilis sekarang ini dulu sering kami bawakan saat menang lomba dan di beberapa event. Tapi untuk yang rilis sekarang, kami olah lagi aransemennya agar lebih mudah diterima di zaman now," imbuh Deva.

Baca Juga: Daftar Lagu K-Pop Terfavorit Tahun 2021 Menurut Melon, IU Menyabet Semua Kategori!

Fantasy pun berharap lagu "Romantika Remaja" bisa diterima pecinta musik Tanah Air. Mereka pun telah mempersiapkan lagu-lagu lain, yang siap dirilis dalam beberapa waktu kedepan.

"Sekarang ini saya dan Deva sepakat untuk merilis single dulu. Nanti setelah rilis beberapa single, Insya Allah kami berdua akan merilis album. Doakan ya semuanya lancar," tutur Dito.

Komentar