Sport / raket
Arief Apriadi
Mantan pebulutangkis nasional, Tontowi Ahmad saat menghadiri pemakaman Markis Kido di TPU Kebon Nanas, Jakarta, Selasa (15/6/2021). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Suara.com - Meski telah pensiun sebagai pebulutangkis profesional, pikiran Tontowi Ahmad nyatanya masih tak bisa lepas dari dunia yang membesarkannya. Sebulan jelang Olimpiade Tokyo, memori lama pun terkenang untuk dia bagikan via media sosial.

Lewat Instagram, eks partner Liliyana Natsir itu mengunggah foto medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Di bawahnya tertulis nama Tontowi A/Liliyana N.

Dalam keterangan foto, Tontowi bercerita bahwa kenangan lima tahun lalu, saat dirinya berada di puncak dunia usai merengkuh medali emas Olimpiade 2016 masih saja melekat.

Bahkan, momen saat dirinya dan Liliyana mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, serasa belum lebih dari sehari terjadi.

Baca Juga: Kevin Durant dan James Harden Dikabarkan Perkuat Tim Olimpiade AS

Rasa lelah yang dia rasakan kala melakukan persiapan ekstra ketat jelang multievent olahraga paling akbar itu juga kembali menyeruak dalam ingatannya.

Namun, Tontowi yang sekarang sudah berbeda. Dia bukan lagi kontingen Indonesia yang akan berjuang di Olimpiade Tokyo. Maka dari itu, sesuatu yang bisa dia berikan kini adalah doa bagi para wakil Merah Putih.

Ekspresi Tontowi Ahmad usai memastikan diri bersama partnernya di ganda campuran, Liliyana Natsir, meraih medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (17/8/2016). [AFP/Ben Stansall]

"Tidak terasa 5 tahun berlalu, dan memori itu selalu teringat seakan-akan baru saja kemarin," tulis Tontowi Ahmad di Instagramnya, @tontowiahmad_, Kamis (24/6/2021).

"Masih teringat jelas bagaimana persiapan menuju Olimpiade, rasa capek lelah was-was, semua bercampur menjadi satu. Dan akhirnya bisa mendapatkan medali berwarna emas. Alhamdulillah."

"Mudah-mudahan menjelang keberangkatan teman-teman team Indonesia ke Olimpiade Tokyo, bisa mendapatkan hasil maksimal," tambahnya.

Baca Juga: Dari Cabor Angkat Besi, Ini Dia Atlet Transgender Pertama yang akan Tampil di Olimpiade

Indonesia hanya meloloskan tujuh wakil ke cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo. Masing-masing dua wakil dari tunggal putra dan ganda putra, serta satu wakil dari sektor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Komentar