Sport / balap
Reky Kalumata
Rider Ducati Team, Francesco Bagnaia. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Suara.com - Pebalap tim Ducati Francesco Bagnaia mencatatkan waktu tercepat di sesi latihan bebas ketiga MotoGP Styria menjelang babak kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring, Austria pada Sabtu pagi yang cerah.

Sang pebalap Italia mencetak waktu terbaiknya 1:23,114 di lap terakhir demi menggeser pebalap tim Yamaha Fabio Quartararo ke peringkat dua dengan margin tipis 0,028 detik.

Quartararo, sebagai pemuncak klasemen sementara, tampak kesulitan melambatkan motor Yamahanya di zona pengereman menuju tikungan hingga beberapa kali melebar dari trek dan bahkan sempat bersenggolan dengan rekan satu tim, Maverick Vinales.

Beruntun kedua pebalap Yamaha itu terhindar dari kecelakaan fatal dan Vinales mampu finis di peringkat tiga dengan selisih 0,148 detik dari pemuncak sesi, demikian laman resmi MotoGP seperti dimuat Antara.

Baca Juga: Hasil FP2 MotoGP Styria: Savadori Terdepan di Trek Basah

Pebalap tim Pramac Racing Jorge Martin finis keempat di depan juara dunia bertahan Joan Mir yang menjajal alat pengatur ketinggian Suzuki yang cukup manjur membawanya ke peringkat lima.

Sesi FP3 berjalan sangat ketat di saat lap terbaik dari 16 pebalap teratas memiliki selisih kurang dari satu detik. Akan tetapi, semua pebalap mampu mencatatkan waktu lebih cepat dari lap terbaik mereka di dua sesi latihan sebelumnya.

Pebalap yang masuk sepuluh besar catatan terbaik dari ketiga sesi latihan akan langsung mendapatkan tempat di babak kualifikasi kedua.

Hal itu berarti Johann Zarco, Marc Marquez, Aleix Espargaro, Jack Miller dan Takaaki Nakagami merebut lima tiket tersisa untuk lolos langsung ke Q2.

Sementara itu, meski tampil di sirkuit kandang, seluruh pebalap KTM dan juga Dani Pedrosa yang tampil sebagai wildcard di Austria akan harus bertarung melewati Q1, yang akan diramaikan pula oleh Pol Espargaro, Alex Rins, Valentino Rossi.

Baca Juga: Hasil FP 1 MotoGP Styria: Nakagami Tercepat, Rossi Melempem

Paruh kedua musim MotoGP 2021 dimulai dengan dua balapan beruntun di Red Bull Ring, Austria.

Komentar