Sport / balap
Syaiful Rachman
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton (kanan) yang meraih podium ketiga F1 GP Belgia 2021 berbincang dengan runner-up George Russell (Tim Williams) di sirkuit Spa-Francorchamps di Spa pada 29 Agustus 2021. KENZO TRIBOUILLARD / AFP.

Suara.com - Mercedes pada Selasa resmi mengumumkan George Russell akan menjadi rekan satu tim juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton mulai musim depan.

Russell, yang menjalani musim ketiganya di Williams, akan menggantikan Valtteri Bottas yang akan pindah ke Alfa Romeo menyusul kabar resmi sang pebalap Finlandia pada Senin (6/9/2021).

Pebalap berusia 23 tahun itu akan menjadi rekan baru Hamilton setelah Bottas (32), yang juga bergabung dari Williams untuk menggantikan juara dunia 2016 Nico Rosberg yang pensiun pada 2017.

"Ini hari yang spesial bagi saya secara pribadi dan profesional, tapi juga hari dengan emosi yang bercampur aduk," kata Russell dikutip laman resmi Mercedes.

Baca Juga: Gasly dan Tsunoda Dipastikan Mengaspal Bersama AlphaTauri di F1 Musim Depan

"Saya sangat senang dan merasa terhormat bisa bergabung dengan Mercedes tahun depan, yang merupakan langkah besar dalam karier, tapi ini juga berarti saya mengucapkan perpisahan dengan rekan dan teman-teman di Williams."

"Ini adalah kesempatan yang sangat besar dan yang ingin saya raih dengan kedua tangan. Tapi saya tahu skala dari tantangannya, ini akan menjadi pembelajaran yang panjang.

"Valtteri telah memberi standar yang tinggi, secara konsisten meraih hasil di akhir pekan, mencetak poin, pole position, dan membantu memenangi titel juara dunia."

Russell pernah membalap sekali untuk Mercedes, saat ditugasi menjadi pengganti Lewis Hamilton yang positif terjangkit Covid-19 di Grand Prix Sakhir pada Desember tahun lalu.

Russell start dari baris terdepan dan memimpin sejak start tapi finis peringkat sembilan setelah tim melakukan kesalahan di pitstop dan kemudian sang pebalap mengalami pecah ban.

Baca Juga: Berpisah di Akhir Musim, Hamilton Sanjung Valtteri Bottas

Dia mencetak podium poin pertamanya untuk Williams musim ini, lewat performa kualifikasi yang menawan di balapan basah Belgia untuk menempatkan mobil yang kurang kompetitif di baris terdepan.

Komentar

terkini